Relationship of Physical Activity and Interpersonal Communication with Type of Emotional Regulation in Senior High School Students

Authors

  • Dhea Dhea Dwi Nanda Az-zahroh Universitas Trisakti
  • Nuryani Sidarta Universitas Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.30989/mik.v12i3.853

Keywords:

Aktivitas Fisik, Komunikasi Interpersonal, Pelajar, Regulasi Emosi

Abstract

Latar Belakang: Masa remaja seseorang sering kali mengalami bermacam-macam perubahan mencakup perubahan fisiologis dan juga psikologis. Satu diantaranya yaitu perubahan sosioemosional, yang mana remaja mempunyai ketegangan emosi yang lumayan tinggi. Faktor yang dapat mempengaruhi regulasi emosi salah satunya adalah komunikasi interpersonal dan aktivitas fisik. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa aktivitas fisik, komunikasi interpersonal dan juga regulasi emosi pada remaja mempunyai hasil kurang baik.

Tujuan: Meningkatkan kualitas regulasi emosi pada pelajar dengan menilai hubungan aktivitas fisik dan komunikasi interpersonal dengan jenis regulasi emosi pada pelajar SMA.

Metode: Studi analitik observasional dengan desain cross sectional. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Non-random sampling dengan metode Consecutive Sampling menggunakan kuesioner google form dengan sampel sebanyak 124 pelajar SMA Negeri 1 Kota Sukabumi. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan uji statistik chi-square menggunakan program SPSS.

Hasil: Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara aktivitas fisik dan jenis regulasi emosi (p value = 0,400). Hasil analisis menunjukkan tidak terdapat hubungan komunikasi interpersonal dengan jenis regulasi emosi (p value = 0,416).

Kesimpulan: Penelitian ini menunjukkan hasil tidak terdapat hubungan antara aktivitas fisik dengan jenis regulasi emosi pada pelajar SMA. Dan juga tidak terdapat hubungan antara komunikasi interpersonal dengan jenis regulasi emosi pada pelajar SMA.

References

Rifani DA, Rahadi DR. Ketidakstabilan Emosi dan Mood Masyarakat Dimasa Pandemi Covid-19. J Manaj Bisnis. 2021; Volume 18, (1), Hal. 22-34.

Kusumo MO. Buku pemantauan aktivitas fisik. 2021; Volume 1, (1), Hal. 96-103.

Sari, L.L, Wati CL. Kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas IX SMA Katolik RICCI II. J psikoedukasi. 2020; Volume 18, (1), Hal. 32-43.

Hasmarlin H. Self-Compassion dan Regulasi Emosi pada Remaja Self-Compassion and Emotion Regulation In Adolescence. J Psikol.2019; Volume 1, (2021), Hal. 148-56.

Hasmarlin H, Hirmaningsih H. Regulasi Emosi Pada Remaja Laki-Laki Dan Perempuan. Marwah J Perempuan, Agama dan Jender. 2019; Volume 18, (1), Hal. 87.

Rusmaladewi, Indah DR, Kamala I et al. Regulasi Emosi pada Mahasiswa Selama Proses Pembelajaran Daring di Program Studi PG-PAUD FKIP UPR. J Pendidik Dan Psikol Pint Harati. 2020; Volume 16, (2), Hal. 33-46.

Radde HA, Nurahmah, Nurhikmah et al. Uji Validitas Konstrak dari Emotion Regulation Questionnaire Versi Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Confirmatory Factor Analysis. 2021; Volume 1, (2), Hal. 152-60.

Farradika Y, Umniyatun Y, Nurmansyah MI et al. Perilaku Aktivitas Fisik dan Determinannya pada Mahasiswa Fakultas Ilmu – Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. ARKESMAS (Arsip Kesehat Masyarakat). 2019; Volume 4, (1), Hal. 134-42.

Suryoadji KA, Nugraha DA. Aktivitas Fisik pada Anak dan Remaja selama Pandemi COVID-19: A Systematic Review. J Mhs. 2021; Volume 13, (1), Hal. 1-6.

Pertiwi YA. Profil Komunikasi Interpersonal Peserta Didik dan Implikasi pada Program Bimbingan Pribadi Sosial. 2020; Volume 3, (2), Hal. 123-34.

Evi Tri Wahyuni. Aktivitas Fisik dengan Intensitas yang Sering Dapat Meningkatkan Kecerdasan Emosional pada Remaja. Indones Sch J Nurs Midwifery Sci. 2021; Volume 1, (03), Hal. 106-12.

Permono JW, Kusristanti C. Olah raga dan regulasi emosi: Sebuah studi korelasi pada taruna Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK). J Psikol Ulayat. 2020; Volume 3, (2), Hal. 169-80.

Zhang Y, Fu R, Sun L et al. How does exercise improve implicit emotion regulation ability: Preliminary evidence of mind-body exercise intervention combined with aerobic jogging and mindfulness-based yoga. Front Psychol. 2019;10(AUG).

Lamirin. Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Pengurus Vihara Dharmakirti Di Kota Palembang. J Pendidik Buddha dan Isu Sos Kontemporer. 2020; Volume 2, (1), Hal. 9-21.

Nainggolan O, Indrawati L, Pradono J. Kebugaran Jasmani menurut instrument GPAQ dibandingkan dengan VO2max pada Wanita umur 25 sampai 54 tahun. Bul Penelit Sist Kesehat. 2021; Volume 4, (3), Hal. 106-12.

Pribadi EA, Pribadi EA, Erdiansyah R et al. Pengaruh Kepercayaan Diri dan Harga Diri Terhadap Keterampilan Komunikasi Interpersonal Remaja di Jakarta. 2019; Volume 3, (2), Hal. 453-62.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI. 2013.

Riyanto P, Mudian D. pengaruh Aktivitas Fisik Terhadap Peningkatan Kecerdasan Emosi Siswa. J Sport Area. 2019; Volume 4, (2), Hal. 339-47.

Karjuniwati, Lativa A, Julianto. Konsep Diri Dan Komunikasi Interpersonal. Seurune, J Psikol Unsyiah. 2021; Volume 4, (1), Hal. 101-14.

Pertiwi TL, Kustanti ER. Komunikasi Interpersonal Pada Pementor Agama Islam di Universitas Diponegoro. J Empati. 2020; Volume 9, (3), Hal. 109-5.

Published

2023-12-13

How to Cite

1.
Dhea Dwi Nanda Az-zahroh D, Sidarta N. Relationship of Physical Activity and Interpersonal Communication with Type of Emotional Regulation in Senior High School Students. Media ilmu kesehatan [Internet]. 2023 Dec. 13 [cited 2024 Dec. 22];12(3):351-8. Available from: https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/mik/article/view/853