IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BANK SAMPAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA USAHA KECIL MENENGAH (STUDI KASUS BANK SAMPAH GEMAH RIPAH BADEGAN, BANTUL)

Penulis

  • Yonathan Dri Handarkho Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Aloysius Bagas Pradipta Irianto Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Kata Kunci:

Manajemen, UKM, bank sampah, sistem infromasi, TIK

Abstrak

Bank sampah adalah salah satu perwujudan dari  kesadaran masyarakat untuk turut berperan aktif  mengatasi permasalahan pengelolaan sampah yang masih terus bermunculan saat ini. Konsep Bank Sampah pada dasarnya mengadopsi konsep dari bank pada umumnya. Terdapat transaksi menabung dan menarik dana dari sebuah bank.  Hanya saja objek yang ditabung tidak lagi berupa uang akan tetapi sampah yang nantinya bisa dikonversikan menjadi uang. Sebagai sebuah unit Usaha Kecil Menengah (UKM), Bank Sampah juga memerlukan pengelolaan yang bersifat profesional baik dari sisi pelayanan terhadap nasabah maupun pengelolaan manajemen internal Bank Sampah meliputi pengelolaan sumber daya manusia seperti penggajian dan pengembangan karyawan,  pengelolaan pemasukan dari sumber lain dan pengelolaan biaya operasional dari bank sampah. Salah satu solusi yang dapat diterapkan untuk bisa mewujudkan tujuan tersebut adalah dengan menerapkan  teknologi informasi dan komunikasi (TIK) melalui pembangunan sistem informasi yang nantinya akan berperan sebagai komponen yang akan mempermudah pengelolaan manajemen internal  bank sampah. Dengan semakin professional dan tertatanya manajemen internal dari bank sampah, maka akan berdampak kepada peningkatan layanan terhadap masyarakat dan berujung kepada tingginya tingkat keperayaan masyarakat akan kinerja dari bank sampah, sehingga keberadaan bank sampah akan menjadi sebuah jawaban terhadap permasalahan pengelolaan sampah.

Referensi

Handarkho, Yonathan Dri. 2014."Implementasi Sistem Informasi Bank Sampah Pada Usaha Kecil Menengah (Studi kasus Bank Sampah Gemah Ripah Badegan, Bantul)". Makasar : Konferensi Nasional Ilmu Komputer (KONIK) 2014.
Stale, G. & Majors, I.2010."Applying knowledge Management methods and enterprise modelling solution to the IT “ecosystem” for continuing education in SME's". Dubai: Digital Ecosystems and Technologies (DEST), 2010 4th IEEE International Conference on
Bayaga, Anass & Flowerday, Stephen.2012."Principal causes of Information Communication Technology (ICT) Risk failure in an SME". 2012 International Conference on Cyber Security
Esselaar, Steve;Stork, Christoph; Ndiwalana,Ali;Deen-Swarray, Mariama.2008."ICT Usage and Its Impact on Profitability of SMEs in 13 African Countries". Information Technologies and International Development Volume 4, Number 1, Fall 2007, 87–100
Modimogale, Lloyd & Kroeze, Jan H.2011."The Role of ICT within Small and Medium Enterprises in Gauteng".IBIMA Publishing: Communications of the IBIMA Vol. 2011
Rachman, Susanti; Gregory, Mark A; Narayan, Seema W. 2015."The role of ICT services on indonesian Small to Medium Enterprise productivity".Telecommunication Networks and Applications Conference (ITNAC), 2015 International
Govindaraju, R.2011. E-commerce Adoption by Indonesian Small, Medium, and Micro Enterprises (SMMEs): Analysis of goals and barriers.This paper appears in:Communication Software and Networks (ICCSN), 2011 IEEE 3rd International Conference on
Berisha, Namani Mihane.2009.The Role of Information Technology in Small and Medium Sized Enterprises in Kosova.Fullbright Academy 2009 Conference.
Ghobakhloo, Morteza; Tang Sai Hong, Mohammad Sadegh Sabouri,dan Norzima Zulkifli. 2012. Strategies for Successful Information Technology Adoption in Small and Medium-sized Enterprises. www.mdpi.com/journal/ information : Information 2012, 3, 36-67.
Rogers, Yvonne; Sharp, Helen; Preece,Jenny .2011.”Interaction Design: Beyond Human - Computer Interaction”.John Wiley & Sons Ltd
Sarlan, A.b.2010.” Conceptual information system success model for small and medium enterprise clinic information system”. This paper appears in: Information Technology (ITSim), 2010 International Symposium in
Aversano, Lerina.; Grasso, Carmine & Tortorella, Maria .2011."Evolving Enterprise Information System in Small and Medium Enterprise: an opportunistic approach and a case study". 2011 IEEE Conference on Commerce and Enterprise Computing

Unduhan

Diterbitkan

2020-05-24

Cara Mengutip

Yonathan Dri Handarkho, & Aloysius Bagas Pradipta Irianto. (2020). IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BANK SAMPAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA USAHA KECIL MENENGAH (STUDI KASUS BANK SAMPAH GEMAH RIPAH BADEGAN, BANTUL). Jurnal Teknomatika , 9(1), 21–34. Diambil dari https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/460

Terbitan

Bagian

Articles