RANCANG BANGUN DAN ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI FILM ANIMASI 3D

Penulis

  • Evaliata Br. Sembiring
  • Almuaini Nurmawati Program Studi Teknik Multimedia dan Jaringan, Jurusan Teknik Informatika, Politeknik Negeri Batam
  • Selly Artati Zega Program Studi Teknik Multimedia dan Jaringan, Jurusan Teknik Informatika, Politeknik Negeri Batam

Kata Kunci:

media pembelajaran, sejarah, film animasi 3D, Bandung Lautan Api

Abstrak

Perkembangan teknologi menghadirkan berbagai bentuk media pembelajaran seperti buku (ebook), lembar kerja, game, multimedia interaktif, audio, film dan lain-lain. Film animasi sebagai media pembelajaran cukup berhasil untuk meningkatkan ketertarikan belajar, pemahaman, pengalaman dan kompetensi siswa dalam berbagai materi pelajaran yang dipelajarinya. Sejarah merupakan materi pelajaran yang penting karena merupakan salah satu kekayaan budaya bangsa yang dapat membangun pemikiran kritis dan meningkatkan nilai nasionalisme untuk mempertahankan Negara, serta menjadi wahana pengembangan kemampuan intelektual dan kebanggan bangsa untuk memperbaiki kehidupan masyarakat dalam bidang sosial, budaya, ekonomi dan politik. Umumnya metode yang digunakan pengajar adalah bercerita sehingga menimbulkan siswa hanya menjadi imajiner-founding.

Penelitian ini menerapkan metode Luther-Sutopo untuk membuat film animasi 3D yang menceritakan salah satu materi pelajaran sejarah tentang peristiwa Bandung Lautan Api. Terdapat dua pokok kegiatan yang dilakukan yaitu membuat film animasi 3D dan menganalisis tingkat keberhasilan pemahaman siswa ketika belajar sejarah melalui film animasi.

Hasil yang diperoleh bahwa: (1) Film animasi 3D “Bandung Lautan Api” berhasil dibuat dalam format Mp4 dengan durasi 2 menit 28 detik, melalui beberapa tahap yang diterapkan pada metode Luther-Sutopo secara sekuen dan terstruktur; (2) Hasil analisis terhadap ketertarikan dan pemahaman siswa dalam belajar sejarah melalui film animasi 3D Bandung Lautan Api mencapai 88,9% berdasarkan parameter pengujian yaitu kemudahan penggunaan dan navigasi, kandungan kognitif, ruang pengetahuan dan penyajian informasi, integrasi media, estetika dan fungsional secara keseluruhan.

Referensi

Badrika, I. W., 2006, Sejarah Untuk Kelas XI, Edisi kesatu, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Binanto I., 2013, Perbandingan Metode Pengembangan Perangkat Lunak Multimedia, tersedia di: https://www.researchgate.net/publication/264496799_Perbandingan_Metode_Pengembangan_Perangkat_Lunak_Multimedia
Hadi A. dan Haryono (1998), Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung, Pustaka Setia.
Harrison H. L. dan Hummell L. J., 2010, Incorporating Animation Concepts and Principles in STEM Education, The Technology Teacher.
Kurniawati N., 2014, Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Aktivitas Belajar dan Penguasaan Materi Oleh Siswa, tersedia di:
http://download.portalgaruda.org/article.php?article=287950&val=7233&title=PENGARUH%20PENGGUNAAN%20MEDIA%20ANIMASI%20TERHADAP%20AKTIVITAS%20BELAJAR%20DAN%20PENGUASAAN%20MATERI%20OLEH%20SISWA
Notosusanto N., 1985, Sejarah Nasional Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta.
Purwanto E., Sunarno W., dan Aminah N., S., 2015, Pembelajaran Fisika dengan Contextual Teaching and Learning Menggunakan Media Animasi Flash dan Video Ditinjau dari Kemampuan Berfikir Abstrak dan Kemampuan Verbal Siswa, Jurnal INKURI, 4(4), pp: 77-86.
Sadiman A. S. (2002), Media Pendidikan, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, tersedia di:
http://www.m-edukasi.web.id/2012/05/klasifikasi-media-pembelajaran.html

Sopanbell, 2010, Film Animasi Bandung Lautan Api, Video ke satu, tersedia di: https://www.youtube.com/watch?v=wjD96eF4PWU.

Thorn, W.J., 1995, Point to Consider when Evaluating Interactive Multimedia, Journal, Artikel keempat, tersedia di:
http://iteslj.org/Articles/Thorn-EvalueConsider.html
Utomo, W. B., 2008, Tesis number one, Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Audiovisual dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Sejarah pada Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Kota Kudus, Teknologi Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 2008
Zega, S.A., Tugas Akhir number one, Film Animasi 3D Tentang Pengenalan Tradisi Fahombo Batu Nias, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung, Bandung, 2013

Unduhan

Diterbitkan

2020-05-24

Cara Mengutip

Evaliata Br. Sembiring, Nurmawati, A. ., & Artati Zega, S. . (2020). RANCANG BANGUN DAN ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI FILM ANIMASI 3D. Jurnal Teknomatika , 9(1), 45–58. Diambil dari https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/457

Terbitan

Bagian

Articles