PENGEMBANGAN SISTEM E-LEARNING BERBASIS MOODLE SEBAGAI SARANA PENUNJANG PEMBELAJARAN MAHASISWA DI UNIVERSITAS NASIONAL TIMOR LOROSA’E DILI
Kata Kunci:
E-learning, LMS Moodle, Metode Waterfall, SPSS dan UATAbstrak
Universitas Nasional Timor Lorosa’e (UNTL) Dili terdapat tujuh fakultas dan tiga puluh tiga jurusan. Banyaknya fakultas dan jurusan yang ada di Universitas Nasional Timor Leste (UNTL) sangat memerlukan pengelolaan pendidikan yang baik agar permasalahan dalam proses belajar mengajar dapat dihindari. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan efek positif pada dunia pendidikan. E-Learning merupakan suatu metode pembelajaran yang diterapkan dalam dunia pendidikan dan sampai sekarang UNTL Dili belum memiliki sistem e-Learning yang dapat digunakan sebagai penunjang pembelajaran. Maka pada penelitian ini peneliti mengembangkan aplikasi e-Learning berbasis Moodle. Menghasilkan prototype media pembelajaran e-Learning yang sesuai kebutuhan Universitas Nasional Timor Lorosa’e Dili. Penelitian ini diawali dengan survei langsung pada Universitas Nasional Timor Leste (UNTL) Dili. Untuk pengembangan sistem e-learning menggunakan aplikasi LMS Moodle, metode yang digunakan untuk pengembangan aplikasi adalah menggunakan metode Waterfall dan pengolahan data menggunakan SPSS. Populasi adalah mahasiswa dan dosen UNTL Dili. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling. Fitur-fitur yang dibutuhkan dalam pengembangan aplikasi ini adalah: 1). Fasilitas unggah dan unduh materi perkuliahan, 2). Kuis online 3). Fasilitas download dan upload tugas, 4). Forum diskusi (chatting), 5). Informasi tugas mata kuliah, 6). Informasi kuis, 7). Informasi nilai mahasiswa. Untuk menguji apakah prototype e-Learning yang dikembangkan telah sesuai dengan ekspektasi pengguna maka dilakukan user acceptance test (UAT) terhadap end user. Dan yang diuji dari aplikasi e-leaning meliputi: performance of e-Learning, ease of use e-Learning, dan format of e-Learning. Dari analisis indikator penggujian menunjukan hasil kepuasan pengguna secara berurutan 6% sangat setuju, 56% setuju, 38% cukup, 0% tidak setuju dan 0% sangat tidak setuju.
Referensi
Warnecke, P. & Lecturer., 2011. Medical Students Perceptions of Using E-learning to Enchance the Acquisition of Consulting Skills.
Lavender, T., D., Omoni, G., Lee, K., Wakasiaki, S., Campbell, M., Watiti, J., & Mathai, M., 2013. A Pilot Quasi-Experimental Study to Determine the Feasibility of Implementing a Partograph E-learning Tool for Student Midwife Training in Nairobi. Midwifery, 1-9
V. Wicaksono., 2007. Faktor-faktor yang mendukung efektivitas penggunaan E-Learning: Studi kasus pada Papirus. Thesis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
L. Alam., 2007. Studi Efektivitas Pembelajaran ICT Menggunakan Metode E-Learning di SMPN V Yogyakarta. Thesis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Hartley, Darin and Ellisabeth Rossen., 2001. Basic of E-learning, American Society for Training and Development.
Stockley, Derek., 2003. E-learning Definition and Expalanation. www.derekstockley.com.
Naidu, Som., 2006. E-learning – A Guidebook of Principes and Practices, Commonwealth of Learning, New Delhi.
Prakoso, K.S., 2005. Membangun E-learning dengan Moodle. Andi Offset, Yogyakarta.
Bunafit, N., 2013. Aplikasi Pemrograman Web Dinamis Dengan PHP dan Mysql. Gava Media, Yogyakarta.
Syofian, S., 2013. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Bumi Aksara, Jakarta.