RANCANG BANGUN GAME TRADISIONAL MANCALA MENGGUNAKAN PENDEKATAN BERORIENTASI OBJEK

Penulis

  • Chandra Kusuma Dewa Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia

Kata Kunci:

Mancala, rancang bangun, pendekatan berorientasi objek

Abstrak

Dalam era teknologi saat ini, banyak permainan tradisional yang sudah mulai ditinggalkan. Berbagai macam dan jenis permainan tradisional kemudian digantikan perannya oleh beragam permainan elektronik seperti game-game yang dapat dijalankan pada perangkat PC maupun pada perangkat mobile. Agar tidak punah, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah membuat game versi elektronik dari permainan-permainan tradisional tersebut. Pada makalah ini, dijabarkan proses rancang bangun untuk salah satu game tradisional, yakni Mancala, dengan menggunakan pendekatan berorientasi objek. Game yang dikembangkan berbasis desktop, serta menggunakan Java Standard Edition (Java SE) yang menggunakan library Swing API. Hasil pengujian terhadap game menunjukkan bahwa semua aturan permainan Mancala telah berhasil diimplementasikan.

Referensi

de Voogt, A. J., 2001. Mancala: Games That Count. [Online] Available at: http://www.penn.museum/documents/publications/expedition/PDFs/43-1/Mancala.pdf [accessed 18/3/2014]
Irving, G., Donkers, H. H. L. M. dan Uiterwijk, J, W. H. M., 2000, Solving Kalah, ICGA Journal, 23(3), pp.139-148
Jacobson, I., Christerson, M., dan Oevergaard, G., 1992. Object-Oriented Software Engineering – A Use Case Driven Approach
Munassar, N. M. A. dan Govardhan, A., 2011. Comparison Between Traditional Approach and Object-Oriented Approach in Software Engineering Development. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 2(6). pp. 70-76
Murray, H. J. R., 1952. A History of Board Games other than Chess. London: Oxford at the Clarendon Press.
Noraziah, C. P., Alwi, A., Din, A. M. dan Safwan, A., 2013. The Application of Neural Networks and Min-Max Algorithm in Digital Congkak. Proceedings of The 4th International Conference on Computing and Informatics, Serawak, pp. 222-227
Prensky, M., 2005. Computer Games and Learning: Digital Game-Based Learning. Handbook of Computer Game Studies, 18, pp. 97-12
Russ, L., 2000. The Complete Mancala Games Book. New York: Marlow and Company.
Shoval, P., 2007. Functional and Object Oriented Analysis and Design: An Integrated Methodology. Hershey: Idea Group Publishing
Sian dan Samuel, 2010. More About Mancala. [Online] Available at: http://woodsgood.ca/mancalarules.htm [accessed 24/6/2014]
Sommerville, I., 2007. Software Engineering Eight Edition. Essex: Pearson Education Limited

Unduhan

Diterbitkan

2020-05-23

Cara Mengutip

Chandra Kusuma Dewa. (2020). RANCANG BANGUN GAME TRADISIONAL MANCALA MENGGUNAKAN PENDEKATAN BERORIENTASI OBJEK. Jurnal Teknomatika , 7(1), 1–10. Diambil dari https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/422

Terbitan

Bagian

Articles