FAKTOR SUKSES MEMBANGUN BISNIS E-COMMERCE
Kata Kunci:
Internet, E-Commerce, Strategi, Customer Focus, Business Process, Profit, Customer LoyaltyAbstrak
Internet dan E-Commerce telah berkembang sedemikian pesatnya hal ini seiring dengan meningkatnya secara drastis penguna internet. Peningkatan secara drastis ini mendorong banyak orang maupun perusahaan berlomba- lomba untuk ambil bagian dan mencoba mengeruk keuntungan dari dunia E- Commerce. Dari sekian banyak yang mencoba, hanya sedikit saja orang atau perusahaan yang berhasil. Salah satu penyebab keberhasilannya adalah dengan membangun bisnis E-Commerce berdasarkan langkah-langkah strategis. Langkah yang tepat dibutuhkan karena website yang mereka buat akan bersaing dengan jutaan website lain yang sama-sama ingin menarik minat para pengguna internet untuk mengunjungi website mereka, melakukan transaksi dan kunjungan berulang. Seybold dalam Indrajit (2001) menuliskan 5 langkah yang harus dilakukan oleh orang atau perusahan yang ingin terjun ke dalam dunia E- Commerce. Kelima langkah tersebut adalah: Set Strategy, Focus on The End- Customer, Redesigning Customer Focus Business Process, Wire Company for Profit dan Foster Costomer Loyaty.
Referensi
Himawan, A., 2011, E-Commerce, Handout Kuliah, tidak diterbitkan.
Indrajit, R.E., 2001, Electronic Commerce: Konsep dan Strategi Bisnis di Dunia Maya, Elex Media Komputindo, Jakarta.
Porter, M.E., 1994, Keunggulan Bersaing: Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul, Alih Bahasa Tim Binarupa Aksara, Binarupa Aksara.
Rahardjo, B., 2002, Memahami Teknologi Informasi, Elex Media Komputindo, Jakarta.