PENGEMBANGAN MODEL EVALUASI TERHADAP IMPLEMENTASI SISTEM PEMBELAJARAN E-LEARNING KASUS: E-LEARNING UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA

Penulis

  • Agus Sidiq Purnomo Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
  • Ridi Ferdiana Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
  • Ari Cahyono Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

Kata Kunci:

evaluasi, e-learning, e-learning readiness, reengineering

Abstrak

E-learning mulai diterapkan di Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) yang diawali dari Fakultas Teknologi Informasi pada tahun 2009. Selanjutnya diberlakukan diseluruh fakultas yang ada. Sistem e-learning yang telah diimplementasikan adalah Learning Management System (LMS) berbasis web yang dikembangkan secara mandiri (custom development). Sejak implementasi dilakukan, belum pernah dilakukan studi formal mengenai kesiapan (readiness) sumber daya (mahasiswa, dosen, dan staf) yang terlibat, sehingga belum diketahui sampai sejauh mana pendayagunaan e-learning di UMBY. Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi terhadap sistem e-learning yang digunakan, untuk mendapatkan rekomendasi guna pengembangan e-learning selanjutnya.

Instrumen yang digunakan dikembangkan dari instrumen Aydin dan Tasci; Kapp; Watkins, Leigh, dan Trainer; dan Haney yang disesuiakan dengan kondisi yang ada di UMBY. Instrumen yang dihasilkan terbagi menjadi lima faktor yaitu teknologi, inovasi, pengembangan diri, dan konten dengan mempertimbangkan konstruksi sumber daya, keterampilan, dan sikap pada masing-masing faktor. Selanjutnya instrumen tersebut dikelompokkan berdasarkan tiga komponen yaitu proses, produk, dan orang. Setelah dilakukan uji validitas dan reliabilitas terhadap item-item disetiap faktor model e-learning readiness (ELR) yang diusulkan, model tersebut diimplementasikan di UMBY. Secara umum model tersebut dapat diterima dan dapat digunakan untuk memperoleh gambaran menyeluruh mengenai implementasi e-learning. Model ini dapat diuji untuk diterapkan pada institusi pendidikan yang lain walaupun dengan kondisi e-learning yang tidak persis sama. Hasil survei menunjukkan bahwa UMBY sudah siap untuk melaksanakan e-learning, tetapi dengan beberapa perbaikan pada masing-masing faktor. Dengan kondisi tersebut menunjukkan bahwa sistem e-learning di UMBY belum perlu dilakukan reengineering.

Referensi

Aguirre, S., Quemada, J. dan Salvachúa, J., 2010, Integrated Study Programs through e-Learning, ASEE/IEEE Frontiers in Education Conference.
Aydin, C. H., & Tasci, D., 2005, Measuring Readiness for e-Learning: Reflections from an Emerging Country. Educational Technology & Society, 8 (4), 244- 257.
Chapnick, S., 2000, Are you ready for e-learning?, diakses 22 April 2011 dari http://www.astd.org/LC/2000/1100_chapnick.htm.
Haney, D., 2002, Assessing Organizational Readiness for E-Learning: 70 Questions to Ask. Performance Improvement, 41 (4), 8-13.
Kapp, K.M., 2005, Are You Ready for E-Learning?, diakses tanggal 5 September 2011 dari http://www.astd.org/LC/2005/0405_kapp.htm.
Kapp, K.M., 2005, E-Learning Readiness Assessment Questions, diakses tanggal 5 September 2011 dari http://www.karlkapp.com/questions.pdf.
Mackenzie, G., 2004, SCORM 2004 Primer A (Mostly) Painless Introduction to SCORM Version 1.0., McGill, Diakses 26 Januari 2012 dari http://www.pro-ductivity.com/Compliance21CFR/CTMW/scormintro.pdf.
Muzid, S. dan Munir, M., 2005, Persepsi Mahasiswa Dalam Penerapan E- Learning Sebagai Aplikasi Peningkatan Kualitas Pendidikan (Studi Kasus Pada Universitas Islam Indonesia), SNATI (Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi).
Prayudi, Y., 2009, Kajian Awal: E-Learning Readiness Index (Elri) Sebagai Model Bagi Evaluasi E-Learning Pada Sebuah Institusi, SNATI (Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi).
Wannggo, V.T., 2009, Pengukuran E-Readiness Universitas Nusa Cendana Kupang. Tesis tidak terpublikasi, Universitas Gadjah Mada.
Watkins, R., Leigh, D. dan Trainer, D., 2004, Assessing Readiness for E- Learning. Performance Improvement Quarterly, 17(4) pp. 66-79.
Yefta, S.F., 2009, Penilaian Kesiapan (Readiness) Dosen dan Mahasiswa Untuk E-Learning Di Universitas Kristen Maranata, Institut Teknologi Bandung.

Unduhan

Diterbitkan

2020-05-23

Cara Mengutip

Agus Sidiq Purnomo, Ridi Ferdiana, & Ari Cahyono. (2020). PENGEMBANGAN MODEL EVALUASI TERHADAP IMPLEMENTASI SISTEM PEMBELAJARAN E-LEARNING KASUS: E-LEARNING UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA. Jurnal Teknomatika , 4(2), 15–30. Diambil dari https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/386

Terbitan

Bagian

Articles