PEMANFAATAN JARINGAN SENSOR NIRKABEL UNTUK MEMANTAU KELEMBABAN TANAH PADA BUDIDAYA TANAMAN CABAI

  • Agung Priyanto Program Studi S1 Teknik Informatika, STMIK Jenderal Achmad Yani Yogyakarta

Abstract

Lahan pertanian biasanya terpisah dengan pemukiman. Untuk memantau kelembaban tanah perlu mendatangi lokasi dan melakukan pengamatan atau pengujian secara langsung. Pengujian ini diperlukan agar ditindaklanjuti jika terjadi ketidaksesuaian kelembaban tanah dengan jenis tanaman yang sedang ditanam, untuk mendukung produktivitas. Jaringan sensor nirkabel atau wireless sensor network (WSN), bagian fundamental dari pervasive computing, merupakan solusi yang tepat untuk pemantauan jarak jauh kelembaban tanah ini, karena sifatnya yang autonomous, real time, kompak dan hemat energi. Menggunakan ujung depan sensor kelembaban dapat dirakit perangkat yang diinginkan. Hasil deteksi berupa status high, normal, low, untuk mewakili keadaan tanah dengan kondisi kelembaban tinggi, normal, atau rendah.

References

Badan Litbang Pertanian, 2011. Kiat Sukses Berinovasi Cabai, Sinar Tani, Edisi 2-8 Pebruari, No.3391 Tahun XLI.
Karl H., Willig A., 2005. Protocols and Architectures for Wireless Sensor Networks. John Wiley and Sons, Ltd.
Microrisc s.r.o., 2009. IQRF Operating System Version 3.00 for TR-52B and TR-53B User’s Guide.
Sancera Company Ltd., 808H5V6 Datasheet. [Online]. Available: http://www.sensorelement.com/humidity/808H5V6.pdf [Accessed: 03-Aug-2015].
Sohraby K., Minoli D., and Znati T., 2007. Wireless Sensor Networks: Technology, Protocols, and Applications. John Wiley & Sons, Inc.
Wirawan, Pratomo I., & Adianto Y. P., 2008. “Komunikasi Multihop dengan Jaringan Sensor Nirkabel”, JAVA Journal of Electrical and Electronics Engineering, Vol. 6, No. 1, pp. 21-26.
Published
2020-05-23
How to Cite
Agung Priyanto. (2020). PEMANFAATAN JARINGAN SENSOR NIRKABEL UNTUK MEMANTAU KELEMBABAN TANAH PADA BUDIDAYA TANAMAN CABAI. Teknomatika: Jurnal Informatika Dan Komputer, 8(1), 13-20. Retrieved from https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/440
Section
Articles