SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN DELETED DOMAIN DENGAN METODE AHP DAN SAW

  • Adri Priadana Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jenderal Achmad Yani

Abstract

Deleted domain merupakan domain yang telah expired dan tidak diperpanjang lagi. Banyaknya deleted domain yang tersedia pada salah satu situs penyedia mengakibatkan pengguna kesulitan dalam menentukan pilihan. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sistem yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan dalam pemilihan deleted domain. Agar proses pemilihan deleted domain dapat dilakukan sesuai dengan parameter yang telah di tentukan oleh pakar domain, maka dibangun sistem pendukung keputusan untuk pemilihan deleted domain, dalam aplikasi ini metode yang digunakan untuk menentukan alternatif prioritas deleted domain adalah metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) dan metode Simple Addative Weigthing (SAW). Metode AHP digunakan untuk mencari bobot parameter, sedangkan metode SAW digunakan untuk mencari nilai akhir dan perangkingan. Hasil penelitian menggunakan metode AHP dan SAW sebagai model sistem pendukung keputusan dapat memberikan rekomendasi kepada pengguna dalam mengambil keputusan berdasarkan hasil akhir dan perangkingan alternatif deleted domain yang diberikan sistem.membantu untuk pengembangan sistem peringatan dini banjir lahar dingin.

References

Arifin, S., & Krisnadita, Y. 2017. Aplikasi Plugin Transfer Domain Di PT Beon Intermedia. Jurnal Teknologi Informasi: Teori, Konsep, dan Implementasi, 8(1), 1-84.
Budi Kurniawan, F., Kurniawan, N., & Sanjaya, R. (2012). Most Wanted Tips Of SEO (Search Engine Optimization).
Fishburn, P. C. (1967). “Additive Utilities with Incomplete Product Set: Application to Priorities and Assignment”, In: Yeh, Chun-Hsing. 2002. A Problem- based Selection of Multi-Attribute Decision Making Methods. International transaction in Operational Research, pp. 169-181, Blackwell Publishing.
Kharisma, L. P. I., & Hartati, S. 2016. Sistem Pendukung Keputusan Untuk Seleksi Penerimaan Dosen Menggunakan Metode AHP Dan SAW (Studi Kasus: STMIK SZ NW Anjani), Tesis S2 Ilmu Komputer UGM, 2016.
Kusrini, 2007, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Yogyakarta,
C.V Andi Offset.
Puspitosari, Heni A. 2010. Membangun Website Interaktif dengan Adobe Creative Suite 5 Tingkat Dasar. Yogyakarta: PT Skripta Media Creative.
Turban, E., Aronson, J.E., Liang, P.T., 2005, Decision Support System and Intelligent System, 7th Edition, Pearson Education Inc., Uper Saddle River, New Jersey.
Wahyuni, S., & Hartati, S. (2012). Sistem Pendukung Keputusan Model Fuzzy AHP Dalam Pemilihan Kualitas Perdagangan Batu Mulia. IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems), 6(1).
Published
2020-05-24
How to Cite
Priadana, A. (2020). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN DELETED DOMAIN DENGAN METODE AHP DAN SAW . Teknomatika: Jurnal Informatika Dan Komputer, 10(2), 1-12. Retrieved from https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/479
Section
Articles