APLIKASI WISATA BATAM MENGGUNAKAN LAYANAN LOCATION BASED SERVICE BERBASIS WEBGIS

  • Sudra Irawan

Abstract

Kota Batam merupakan salah satu kota yang memiliki berbagai jenis wisata bahari, kuliner, dan belanja sehingga memerlukan media informasi yang efektif dan efisien bagi para wisatawan. Perkembangan teknologi informasi membantu manusia dalam mencari lokasi wisata. Tujuan penelitian ini adalah membangun aplikasi wisata Batam menggunakan layanan location based service berbasis android. Aplikasi yang telah dibangun dapat menampilkan peta pesebaran wisata, informasi tempat wisata, fasilitas-fasilitas wisata, dan menampilkan rute perjalanan wisata. Aplikasi ini nantinya akan mempermudah wisatawan dalam mengakses informasi wisata yang ada di Kota Batam.

References

Fu, P. and Sun, J., 2010. Web GIS: principles and applications. Esri Press.
Charter Denny dan Agtrisari Inna, 2002, Desain dan Aplikasi Geographies Information System, Gramedia, Jakarta.
Winarto Edi, Ali Zaki, SmitDev Comunity, 2012, Membuat Aplikasi Android untuk Pemula, Kompas Gramedia, Jakarta.
Afnarius, S., Ningsih, V.M. and Frihandana, D., 2014. Pembangunan Aplikasi Wisata Kuliner SUMBAR Berbasis Mobile Geographic Information System. In Seminar Ilmiah Nasional Komputer dan Sistem Intelijen (KOMMIT 2014).(Oct. 14, 2014). Universitas Gunadarma. Depok (ID) (pp. 354-360).
Sunaryo, S., Handojo, A. and Andjarwirawan, J., 2013. Pembuatan Aplikasi Wisata Sejarah Pertempuran Surabaya 1945 Berbasis Android. Jurnal Infra, 1(2), pp.pp-140.
Manongga, D., Papilaya, S. and Pandie, S., 2010. Sistem Informasi Geografis untuk Perjalanan Wisata di Kota Semarang. Jurnal Informatika, 10(1), pp.1-9.
Wulur, H.W., Sentinuwo, S. and Sugiarso, B., 2015. Aplikasi Virtual tour Tempat Wisata Alam di Sulawesi Utara. Jurnal Teknik Informatika Universitas Sam Ratulangi, 6(1).
Published
2020-05-24
How to Cite
Sudra Irawan. (2020). APLIKASI WISATA BATAM MENGGUNAKAN LAYANAN LOCATION BASED SERVICE BERBASIS WEBGIS. Teknomatika: Jurnal Informatika Dan Komputer, 10(1), 81-94. Retrieved from https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/476
Section
Articles