ANALISIS PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA DALAM AKTIVITAS PEMASARAN PADA UMKM DAERAH SLEMAN DIY

  • Hari Setiaji

Abstract

Pertumbuhan kegiatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang cukup pesat dalam rentang 5 tahun belakangan ini berdampak pada makin tingginya persaingan usaha yang terjadi. Sosial media memegang peranan penting dalam mengakomodasi kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh pihak UMKM dalam mengenalkan produk atau jasa yang dimiliki. Penelitian ini melakukan survey terhadap 41 pelaku UMKM yang berada di daerah Sleman DIY untuk mendapatkan pemetaan penggunaan sosial dalam kegiatan pemasaran yang dilakukan. Hasil pemetaan yang didapatkan dari hasil survey diabstraksi untuk dianalisis dengan metode SWOT untuk mengenali pola terjadi di UMKM Sleman DIY. Didapatkan fakta bahwa pelaku UMKM sejauh ini menggunakan sosial media sebatas posting produk atau jasa dan belum memiliki strategi khusus untuk pemasaran digital via sosial media.

References

APJII. (2016). Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet di Indonesia. Retrieved from https://www.apjii.or.id/
Edosomwan, S., & Seymour, T. (2011). The History of Social Media and its Impact on Business. The Journal of Applied Management and Entrepreneurship, 16(3).
Ghobakhloo, M. (2011). Information Technology Adoption in Small and Medium- sized Enterprises ; An Appraisal of Two Decades Literature, 1(July), 53– 80.
Lumpur, K., & Lumpur, K. (2015). How Instagram Can Be Used as a Tool in Social Network Marketing Center for Southern New Hampshire University ( SNHU ) Programs HELP College of Art and Technology Center for Southern New Hampshire University ( SNHU ) Program HELP College of Art and Technol, 1–7.
Machmud, S., & Sidharta, I. (2013). Model Kajian Pendekatan Manajemen Strategik, 7(1), 56–66.
Media, S., & Changer, G. (2013). Social media importance in Businesses.
Neti, S. (2011). Social media and its role in marketing. International Journal of Enterprise Computing and Business Systems, 1, 1–15. http://doi.org/10.4172/2151-6219.1000203
Tambunan, T. T. H. (2015). Peluang , Tantangan Dan Ancaman Bagi Umkm Indonesia Dalam Era Cafta Dan Me-ASEAN 2015, (22), 1–14.
Technologies, M. (2012). Online Journal of Communication and Media Technologies Volume: 2 – Issue: 2 – April - 2012, 141–152.
Tedjasuksmana, B. (2015). Potret Umkm Indonesia Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015, 189–202.
Published
2020-05-24
How to Cite
Hari Setiaji. (2020). ANALISIS PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA DALAM AKTIVITAS PEMASARAN PADA UMKM DAERAH SLEMAN DIY. Teknomatika: Jurnal Informatika Dan Komputer, 10(1), 73-80. Retrieved from https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/474
Section
Articles