MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK PROMOSI PRODUK PADA PEGADAIAN MENGGUNAKAN METODE GODFREY
Abstract
Multimedia interaktif untuk promosi produk pada Pegadaian merupakan sebuah media yang dapat digunakan untuk memberikan informasi tentang produk yang ditawarkan oleh Pegadaian khususnya untuk produk tabungan emas. Media ini dikemas dalam bentuk animasi 2D untuk menyampaikan informasi tentang keuntungan yang diperoleh oleh nasabah ketika menabung emas di Pegadaian. Multimedia interaktif dibuat dengan menerapkan metode Godfrey dan menggunakan beberapa tools multimedia yaitu Adobe Flash CS6 dan Adobe Premier Pro CS 6. Pengujian dilakukan dengan 2 tahap yaitu pengujian alpha dan pengujian beta. Hasil pengujian alpha menunjukkan bahwa produk multimedia interaktif dapat berfungsi sesuai dengan hasil rancangan, dan hasil pengujian beta menunjukkan bahwa produk cocok digunakan sebagai media promosi. Hasil pengujian didasarkan pada parameter pengujian yaitu “kemudahan navigasi”, “Muatan kognitif”, “ruang pengetahuan dan presentasi informasi”, “integrasi media”, “estetika”, dan “fungsi secara keseluruhan produk” yang mencapai 100%.
References
England, E., dan Finney, A., 2011. Interactive Media. UK : ATSF White Paper. Fitri, R.M., 2014, Rancang Bangun Media Promosi SMP PIUS Cilacap, STMIK,
AMIKOM, Purwokerto.
Madcoms, 2011, Kupas Tuntas Adobe Flash Professional CS5, Andi Offset, Yogyakarta.
Madcoms, 2013, Kupas Tuntas Editing Video dengan Adobe Premiere Pro CS6, Andi Offset, Yogyakarta.
Muqorobin dan Sulartopo, 2014, Perancangan Media Promosi Dan Informasi Berbasis Multimedia Interaktif Pada CV. Karunia Semarang, STEKOM, Semarang.
Riady, A., 2013, Perancangan Multimedia Interaktif Sebagai Media Promosi Toko XPRESS AIR, STIK, AMIKOM, Yokyakarta.