DESAIN INTERAKSI SISTEM DISKUSI DAN BELAJAR MENGADOPSI MEDIA SOSIAL MENGGUNAKAN KANSEI ENGINEERING

  • Andhika Giri Persada

Abstract

Aktifitas diskusi dan belajar bagi mahasiswa tidak dapat lagi dipisahkan dari peranan media sosial. Selain digunakan sebagai media komunikasi dan wadah pertemanan, media sosial juga digunakan oleh mahasiswa untuk bertukar informasi dan gagasan mengenai sebuah topik pada bidang ilmu tertentu yang diajarkan di dalam kelas. Dari latar belakang tersebut, dicetuskan sebuah gagasan untuk mengembangkan sebuah desain interaksi dari sistem diskusi dan belajar bagi mahasiswa dengan mengadopsi beberapa media sosial. Alasan dari pemilihan media sosial sebagai objek adalah kemampuan untuk memikat pengguna untuk selalu menggunakannya. Desain interaksi yang ditampilkan oleh media sosial bersifat intuitif sehingga memudahkan pengguna dan membuat mereka kecanduan untuk selalu menggunakannya. Salah satu teknik statistik yang dapat digunakan untuk memetakan keinginan mental pengguna ke dalam tabulasi data statistik bernama Kansei Engineering (KE). Hasil analisis KE kemudian dapat digunakan sebagai acuan dalam mengembangkan sistem diskusi dan belajar bagi mahasiswa yang mengadopsi media sosial. Hasil dari penelitian yang dilakukan diharapkan menghasilkan sebuan gambaran perihal keinginan mental pengguna terhadap sistem diskusi dan belajar yang intuitif dan interaktif seperti halnya media sosial.

References

Dabbagh, N., & Reo, R. (2011). impact of Web 2.0 on higher education. In D. W. Surry, T. Stefurak, & R. Gray, Technology integration in higher education: Social and organizational aspect (pp. 174-187).
Marco-Almagro, L., & Tort-Martorell, X. (2012). Statistical Method in Kansei Engineering: a Case of Statistical Engineering. In Quality and Reliability Engineering International. John Wiley & Sons, Ltd.
McGloughlin, C., & Lee, M. J. (2010). Personalised and self regulated learning in the web 2.0 era. Australasians Journal of Education Technology,26 (1).
Nagamachi, M. (2008). Perspectives and the new trend of Kansei/affective engineering. The TQM Journal Vol.20 Iss: 4 , 290-298.
Nagamachi, M., Tachikawa, M., & Imanishi, N. (2008). A successful statistical procedure on Kansei Engineering products. 11th QMOD Conference. Helsingboorg.
Yusof, U. K., Khaw, L. K., Ch'ng, H. Y., & Neow, B. J. (2010). Balancing between usability and aesthetics of web design. International Symposium on Information Technology.
Zimmerman, B. J. (2000). Attainment of self-regulation: A social cognitive perspective . In Self-regulation: Theory research, and applications (pp. 12-39). Orlando, Fl: Academica Press.
Published
2020-05-24
How to Cite
Andhika Giri Persada. (2020). DESAIN INTERAKSI SISTEM DISKUSI DAN BELAJAR MENGADOPSI MEDIA SOSIAL MENGGUNAKAN KANSEI ENGINEERING. Teknomatika: Jurnal Informatika Dan Komputer, 10(1), 61-72. Retrieved from https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/472
Section
Articles