OPTIMASI KOMPUTER LOW SPESIFIKASI DENGAN SISTEM THIN CLIENT SERVER BERBASIS OPEN SOURCE

  • Chairul Mukmin

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat memicu pertumbuhan kebutuhan personal komputer (PC) yang semakin hari semakin banyak baik dikalangan pendidikan, kesehatan, pemerintahan. Mengingat perkembangan teknologi khususnya dalam bidang rekayasa perangkat lunak (software) menjadikan komputer-komputer tua yang berspesifikasi rendah tidak kompatibel lagi dengan program-program baru yang membutuhkan spesifikasi lebih tinggi untuk menjalankan program-program tersebut. Dengan memanfaatkan konsep thin client berbasis open source menggunakan LinuxTerminal Server Project (LTSP), dimana komputer client dapat menjalankan komputasi yang ada di komputer server. Hal ini layaknya komputer client seolah- olah sedang beroperasi pada komputernya sendiri, padahal hal tersebut merupakan komputasi dari komputer server. Dengan konsep thin client memberikan kemudahan dan tingkat efisiensi dari segi hardware maupun software, karena seluruh komputasi disediakan oleh komputer server sedangkan komputer client hanya memanfaatkan yang disediakan oleh komputer server. Hal ini dapat dilakukan dengan konsep thin client dengan memanfaatkan LinuxTerminal Server Project (LTSP) yang ada di Edubuntu berbasis open source. Tentu hal ini dapat membantu dalam memperpanjang masa pakai komputer tua yang ada di laboratorium-laboratorium komputer sekolah.

References

Arif, I, 2003, October, Konsep dan perencanaan dalam automasi perpustakaan. In Makalah Seminar dan Workshop Sehari Membangun Jaringan Perpustakaan Digital dan Otomasi Perpustakaan menuju Masyarakat Berbasis Pengetahuan. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Budhi Dharmawan, A., 201,. Analisis Kinerja Server pada Jaringan Diskless Berbasis Linux Terminal Server Project (Studi Kasus: Laboratorium Komputer SMA N 2 Salatiga) (Doctoral dissertation, Program Studi Teknik Informatika FTI-UKSW).
Hendra, 2015, Pengertian Thin Client Beserta Kelebihan dan Kekurangannya. http://www.pclink.co.id/blog/pengertian-thin-client-beserta-kelebihan-dan- kekurangannya.html. Diakses pada tanggal 9 Juli 2017.
Linuxindo, 2013, LinuxTerminal Server Project. https://www.linuxindo.com/solution/ltsp/. Diakses pada tanggal 12 Juli 2017.
Linux, P, 2017, Edubuntu 14.04.2 LTS. http://pusatlinux.com/linux-edubuntu- 14.04.2-lts. Diakses pada tanggal 11 Juli 2017.
LTSP, LinuxTerminal Server Project. http://ltsp.sourceforge.net/. Diakses pada tanggal 11 Juli 2017.
Negara, E.S., 2014, Implementasi Management Network Security Pada Laboratorium CISCO Universitas Bina Darma. Jurnal Ilmiah Matrik, 16(1).
Published
2020-05-24
How to Cite
Chairul Mukmin. (2020). OPTIMASI KOMPUTER LOW SPESIFIKASI DENGAN SISTEM THIN CLIENT SERVER BERBASIS OPEN SOURCE. Teknomatika: Jurnal Informatika Dan Komputer, 10(1), 51-60. Retrieved from https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/470
Section
Articles