OTOMASI TAGIHAN LISTRIK DENGAN CITRA DIGITAL

  • Titik Rahmawati

Abstract

Perusahaan listrik negara (PLN) merupakan penyedia listrik terbesar di Indonesia, untuk dapat memonitor secara berkala penggunaan listrik oleh pelanggan, salah satu media yang dipakai PLN untuk merekam jumlah tagihan pemakaian listrik berupa kWh (Kilo Watt Hour) meter pasca bayar dengan pengumpulan data melalui pencatat meter (cater). Proses pembacaan dan pencatatan penggunaan kWh meter yang masih diketik secara manual tersebut menyebabkan besarnya konsumsi waktu proses tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah perangkat lunak aplikasi untuk memperbaiki sistem pencatatan manual dengan inovasi berupa integrasi pembacaan terhadap sistem perhitungan tagihan listrik. Hal ini digunakan untuk mengetahui seberapa jauh sistem dapat meminimasi kesalahan proses pencatatan hingga perhitungan tagihan listrik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah algoritma Hidden Markov Models (HMM) yang digunakan untuk mengenali pola pada hasil foto meteran listrik yang berisi karakter numerik. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa model HMM yang dikembangkan dapat digunakan mengenali pola dan membaca karakter numerik dari citra kWh meter listrik.

References

Gonzalez R.C., Richard E., Woods., 2002. Digital Image Processing, Pearson Education Asia. 2nd Ed.
Kusmanto, R.D. dan Tompunu, A.N., 2011. Pengolahan citra Digital untuk Mendeteksi Obyek Menggunakan Pengolahan Warna Model Normalisasi RGB, Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan 2011 (Semantik 2011), ISBN 979-26-0255-0.
Muriliasari, R., dan Murinto, 2013, Analisis Perbandingan Metode LI dan Chan- Vese Pada proses Segmentasi Citra Digital, Jurnal Sarjana Teknik Informatika Volume 1 Nomor 2, Oktober 2013e-ISSN: 2338-5197.
Natser, A.M., Aulama, M.M., Abandah, D. A.,2006,. Arabic Handwritten OCR Using HMM. Bachelor Thesis, University of Jordan, Computer Engineering.
Sutoyo. T, Mulyanto. Edy, Suhartono. Vincent, Dwi Nurhayati Oky, Wijanarto,2009, Teori PengolahanCitra Digital , Andi Yogyakarta dan UDINUS Semarang, 2009.
Published
2020-05-24
How to Cite
Titik Rahmawati. (2020). OTOMASI TAGIHAN LISTRIK DENGAN CITRA DIGITAL. Teknomatika: Jurnal Informatika Dan Komputer, 9(1), 91-101. Retrieved from https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/464
Section
Articles