APLIKASI PENCARIAN TAMBAL BAN MOTOR TERDEKAT BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS TAMBAL BAN DI KOTA BATAM)

  • Sudra Irawan Jurusan Teknik Informatika, Politeknik Negeri Batam
  • Gusti Hermawansyah Putra Jurusan Teknik Informatika, Politeknik Negeri Batam

Abstract

Jumlah kendaraan motor di Kota Batam terus meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini berarti bahwa semakin banyak orang yang mengalami kerusakan sepeda motor ketika berkendara di jalan raya, seperti ban bocor atau pecah ban. Kondisi ini tentu menyulitkan pengendara yang tidak mengetahui lokasi tampal ban terdekat apalagi jalan tersebut jarang dilalui. Sekarang ini perkembangan teknologi telepon seluler telah menjadi sebuah smarphone dapat dilengkapi dengan berbagai macam aplikasi. Berbagai aplikasi berbasis android dapat dengan mudah dikembangkan untuk berbagai keperluan. Pada penelitian ini, applikasi yang dikembangkan bertujuan untuk memetakan dan mencari lokasi tambal ban motor di kota Batam menggunakan layanan Location Based Service. Metode yang digunakan yaitu menghubungkan lokasi pengguna dengan lokasi tampal ban terdekat dalam sebuah peta. Untuk menggunakan aplikasi ini, smartphone harus terkoneksi dengan internet. Aplikasi pemetaan lokasi tambal ban yang telah dibangun mampu menampilkan lokasi-lokasi tampal ban, informasi alamat, waktu operasional, lokasi penguna saat terjadi kerusakan, rute perjalanan dari pengguna ke lokasi tampal ban terdekat yang dipilih, jarak dan waktu tempuh menuju lokasi tambal ban.

References

Batam Pos, 2014, Kendaraan merayap di Batam Tiap Hari. Website: http://batampos.co.id/27-05-2013/637-862-unit-kendaraan-merayap-di-batam-tiap-hari/ [13 september 2014].
Charter Denny dan Agtrisari Inna, 2002, Desain dan Aplikasi Geographies Information System, Gramedia, Jakarta.
Murtiwiyati dan Glenn Lauren, 2013, Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya Indonesia untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Komputasi Komputer dan Sistem Informasi, volume 12 No:2, ISSN: 1412-9434, hal 1-10.
Safaat Nazruddin H, 2011, Pemrograman aplikasi mobile smarthphone dan tablet PC berbasis android, Bandung, Informatika.
Siregar, Ivan Michael, 2011, Membongkar Source Code Berbagai Aplikasi Android, Gava Media, Yogyakarta.
Winarto Edi, Ali Zaki, SmitDev Comunity, 2012, Membuat Aplikasi Android untuk Pemula, Kompas Gramedia, Jakarta.
Published
2020-05-24
How to Cite
Sudra Irawan, & Gusti Hermawansyah Putra. (2020). APLIKASI PENCARIAN TAMBAL BAN MOTOR TERDEKAT BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS TAMBAL BAN DI KOTA BATAM). Teknomatika: Jurnal Informatika Dan Komputer, 9(1), 13-20. Retrieved from https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/458
Section
Articles