GAME PEMBELAJARAN EKSPRESI DAN EMOSI WAJAH UNTUK ANAK AUTIS
Keywords:
Autis, Game, Android, Ekspresi Wajah, MDA FrameworkAbstract
Autistic Spectrum Disorder adalah istilah yang digunakan untuk jenis gangguan perkembangan pervasif pada anak yang mengakibatkan gangguan/keterlambatan pada bidang kognitif, bahasa, perilaku, komunikasi dan interaksi sosial. Salah satu gejala dari Autism adalah sulit untuk mengekspresikan diri dan memahami ekspresi orang lain. Pada penelitian ini, dibangun sebuah game yang bertujuan untuk membantu anak autis dalam mengenal berbagai macam jenis ekspresi emosi wajah. Game dibangun dengan pendekatan MDA framework. Game yang dibangun terdiri dari 3 mode permainan yang dapat disesuaikan dengan tingkatan autis pada anak. Dari hasil pengujian, anak autis menunjukkan peningkatan pemahaman materi setelah menggunakan game yang dibangun. Hasil pengujian observational menunjukkan adanya ketertarikan pada anak autis saat menggunakan game ini.
References
Castelli, F. (2005). Understanding emotions from standardized facial expressions in autism and normal development. Autism, 9(4), 428–449.
Hunicke, R., LeBlanc, M., & Zubek, R. (2004). MDA: A Formal Approach to Game Design and Game Research. In Proceedings of the AAAI-04 Workshop on Challenges in Game AI (pp. 1–5). Press, AAAI.
Jain, S., Tamersoy, B., Zhang, Y., Aggarwal, J. K., & Orvalho, V. (2012). An interactive game for teaching facial expressions to children with Autism Spectrum Disorders. In International Symposium On Communications Control and Signal Processing (ISCCSP) (pp. 1–4).
Lepper, M. R., & Chabay, R. W. (1985). Intrinsic Motivation and instruction: conflicting Views on the Role of Motivational Processes in Computer-Based Education. Educational Psychologist, 20(4), 217–230.
Luchini, K., Quintana, C., & Soloway, E. (2004). Design guidelines for learner-centered handheld tools. In Proceedings of the SIGCHI conference on Human factors in computing systems. (pp. 135–142). ACM.
Ospina, M. B., Seida, J. K., Clark, B., Karkhaneh, M., Hartling, L., Tjosvold, L., … Smith, V. (2008). Behavioural and developmental interventions for autism spectrum disorder: A clinical systematic review. PLoS ONE, 3(11), e3755.
Plutchik, R. (1994). The Psychology and Biology of Emotion (Comparative Government) 1st Edition. New York: Harpercollins College Div.
Shaver, P., Schwartz, J., Kirson, D., & O’connor, C. (1987). Emotion knowledge: further exploration of a prototype approach. Journal of Personality and Social Psychology, 52(6), 1061.
Sloan, R. J. S. (2015). Virtual Character Design for Games and Interactive Media. Boca Raton, FL, Amerika Serikat: CRC Press.
Tanaka, J., Wolf, J., Klaiman, C., Koenig, K., Cockburn, J., Herlihy, L., … Schultz, R. (2010). Using computerized games to teach face recognition skills to children with autism spectrum disorder: The let’s face it! program. Journal of Child Psychology and Psychiatry, 51, 944–952.
Tincani, M. (2004). Comparing the picture exchange communication system and sign language training for children with autism. Focus on Autism and Other Developmental Disabilities, 19(3), 152–163.
Whalen, C., Liden, L., Ingersoll, B., Dallaire, E., & Liden, S. (2006). Behavioral Improvements Associated with Computer-Assisted Instruction for Children with Developmental Disabilities. The Journal of Speech and Language Pathology, 1(1), 11–26.