SISTEM PAKAR KERUSAKAN SMARTPHONE MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING

  • Tri Astuti Prihatin
  • A. Sidiq Purnomo Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Abstract

Penggunaan sistem pakar untuk membantu menyelesaikan berbagai masalah terus berkembang dan semakin mempermudah pengguna. Salah satunya adalah penggunaan sistem pakar untuk mendiagnosis kerusakan smartphone . Sistem pakar kerusakan smartphone adalah suatu perangkat lunak yang mampu mendiagosis kerusakan pada smartphone berdasarkan gejala yang dialami untuk membantu menentukan langkah selanjutnya dalam memperbaiki smartphone agar efisian waktu dan biaya.

Penelitian ini bertujuan untuk membuat perangkat lunak yang berfungsi mendiagnosis kerusakan smartphone dengan metode forward chaining. Banyaknya data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 54 gejala dan 16 kerusakan.

Proses penalaran unjuk kerja dengan metode forward chaining. Dari 16 kerusakan data uji untuk masing-masing gejala, hasil pengujian sesuai denagan inferensi rule antara gejala dan kerusakan smartphone.

Ada 4 tahapan dalam penelitian sistem pakar agar mendapatkan hasil yang sesuai dengan diagnosis para pakar. Yang pertama akuisisi pengetahuan untuk mencari dan mengumpulkan data, kedua representasi pengetahuan yaitu menyimpan dan mengatur pengetahuan dalam komputer, ketiga inferensi pengetahuan dan keempat pemindahan pengetahuan.

References

Arhami, M., 2005, Konsep Dasar Sistem Pakar, Yogyakarta: Andi Offset.
Haryoko, W. T., 2010, Sistem Pakar Kerusakan Handphone, Bandung: STIMIK Mardira Indonesia.
Trigiyanti, E., 2010, Pembuatan Aplikasi Untuk Mengidentifikasi Hama Pada Penyakit Padi, Semarang: Universitas Diponegoro.
Kosasi, S., 2014, Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ikan Komet Menggunakan Forward Chaining, Pontianak:Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer.
Putra, F., 2011, Perancangan Sistem Pakar Identifikasi Penyakit Pau-Paru Menggunakan Metode Forward Chaining, Jakarta: Universitas Islam Negeri syarif Hidayatullah.
Williams, B. K., & C.Sawyer, S., 2007, Pengenalan Praktis Dunia Komputer dan Komunikasi, Yogyakarta : Andi.
Published
2020-05-23
How to Cite
Tri Astuti Prihatin, & Purnomo, A. S. (2020). SISTEM PAKAR KERUSAKAN SMARTPHONE MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING. Teknomatika: Jurnal Informatika Dan Komputer, 8(2), 81-92. Retrieved from https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/455
Section
Articles