PEMBUATAN WIDGET STATUS KOLEKSI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS KRISTEN PETRA SURABAYA

  • Lily Puspa Dewi
  • Jaceline Wongsonegoro Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri Universitas Kristen Petra, Surabaya

Abstract

Informasi keberadaan koleksi di perpustakaan merupakan hal yang penting bagi pengguna. Untuk membantu pengguna mengetahui koleksi perpustakaan yang dipinjam atau dikembalikan diperlukan sebuah sistem yang menyajikan informasi terkini tentang status koleksi. Sementara itu, perpustakaan telah memiliki sebuah sistem informasi katalog, dimana pengguna dapat mencari koleksi perpustakaan. Oleh karena itu, untuk menambahkan informasi status koleksi dilakukan dengan membuat modul widget sehingga sistem informasi katalog tetap dapat digunakan.

Aplikasi widget  dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP (Hypertext Preprocessor) dan AJAX (Asynchronous JavaScript dan XML) dengan memanfaatkan CSS. Selain itu, digunakan juga file jquery.vticker.1.4.js merupakan file yang berisi plugin Jquery yang digunakan untuk membuat tampilan animasi pada interface widget.

Hasil aplikasi telah diimplementasikan pada modul katalog perpustakaan dan diuji kevalidan datanya. Pengguna yang dipilih sebagai responden kuisioner untuk pengujian program menyatakan widget ini berguna dan inovasi layanan.

References

Castro, E., 2012, HTML5 and CSS3: Visual Quickstart Guide 7th ed, Berkeley, CA: Peachpit Press
Castledine, E. & Sharkie, C., 2012, jQuery: Novice to Ninja (2nd ed.). Victoria, Australia: SitePoint Pty. Ltd.
Deitel, P. J., 2008, Ajax, Rich Internet Applications, and Web Development for Programmers. Upper Saddle River, NJ: Prentice-Hall.
Juozapaitis, T., 2013, Jquery Vticker (vertical news ticker). Retrieved from http://www.jugbit.com/jquery-vticker-vertical-news-ticker/
Lunn, I., 2013, CSS3 Foundations. Chichester, West Sussex, United Kingdom: John Wiley & Sons Ltd.
Purwanto,Y., 2001, Pemrograman Web dengan PHP.Jakarta : PT Elex media Komputindo.
W3Schools, 2015, JavaScript Introduction. Retrieved April 28, 2015, from http://www.w3schools.com/js/js_intro.asp
W3Schools, 2015, jQuery Introduction. Retrieved April 28, 2015, from http://www.w3schools.com/jquery/jquery_intro.asp
Webopedia, 2015, What is Widget? Webopedia, Retrieved March 15, 2015, from http://www.webopedia.com/TERM/W/widget.html
Published
2020-05-23
How to Cite
Lily Puspa Dewi, & Wongsonegoro, J. (2020). PEMBUATAN WIDGET STATUS KOLEKSI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS KRISTEN PETRA SURABAYA. Teknomatika: Jurnal Informatika Dan Komputer, 8(2), 61-67. Retrieved from https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/452
Section
Articles