APLIKASI PENCARIAN RUTE DAN INFORMASI MALL BERBASIS ANDROID

  • Herzza Rahmadhani Duha Program Studi Teknik Multimedia dan Jaringan, Jurusan Teknik Informatika, Politeknik Negeri Batam
  • Evaliata Br. Sembiring Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Teknik Informatika, Politeknik Negeri Batam

Abstract

Aplikasi Pencarian Rute dan Informasi Mall Berbasis Android merupakan aplikasi yang digunakan untuk mencari Rute dan Informasi Mall di Kota Batam dengan menggunakan media pendukung smartphone. Hal tersebut didasari karena kebutuhan pengunjung dalam penggunaan dan pengaksesan aplikasi ini, merupakan sesuatu yang dibutuhkan secara terus menerus terlebih untuk orang yang baru di kota Batam selalu tinggi. Mengingat teknologi seperti gadget yang tidak sulit lagi diperoleh, bahkan semua kalangan memungkinkan untuk memilikinya. Aplikasi dirancang dengan client pada smartphone yang menggunakan sistem operasi Android dan sebuah server web untuk mengelola data-data mall. Pencarian rute menuju mall dan mencari mall terdekat dari posisi pengguna memanfaatkan google map dengan jenis roadmap. Pengembangan aplikasi menggunakan pendekatan pengembangan perangkat lunak berorientasi obyek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi dapat memberikan informasi tentang letak lokasi, mall terdekat, rute menuju semua mall dan informasi terkait mall tersebut. Letak lokasi dalam bentuk teks berupa nama tempat (mall) dan nama jalan untuk menuju mall. Rute ditampilkan dalam bentuk peta 2D dan Informasi mall yang disediakan adalah acara yang ada di setiap mall informasi serta mencakup tentang diskon atau promosi yang diadakan disetiap mall.

References

Hart W., 2012, Mobile Application adalah Masa Depan! Sekarang!, tersedia di:
http://m.kompasiana.com/post/read/498810/2/mobile-application-adalah-masadepansekarang.html, diakses pada tanggal 21 April 2015.
Masykur F., 2014, Implementasi Sistem Informasi Geografis menggunakan Google Maps API dalam Pemetaan Asal Mahasiswa, SIMETRIS, Vol.5 No.2, Nopember 2014, hal. 181-186, ISSN. 2252-4983.
Prahasta, E., 2009, Sistem Informasi Geografis Konsep-konsep Dasar (Perspektif Geodesi dan Geomatika), Bandung: Informatika.
Rokhman N. dan Nugroho I. D., 2013, Aplikasi Pencarian Lokasi Fasilitas Umum Berbasis Foursquare APIv2 pada Sistem Operasi Android, IJCCS, Vol.7 No.2, July 2013, hal. 209-220, ISSN. 1978-1520.
Sahid, A., 2012, Aplikasi Android Untuk Orang Awam. Bandung: Sinar Lestari.
Published
2020-05-23
How to Cite
Herzza Rahmadhani Duha, & Evaliata Br. Sembiring. (2020). APLIKASI PENCARIAN RUTE DAN INFORMASI MALL BERBASIS ANDROID. Teknomatika: Jurnal Informatika Dan Komputer, 8(2), 23-32. Retrieved from https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/451
Section
Articles