TINGKAT PENERIMAAN MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN SITUS JEJARING SOSIAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
Abstract
Penggunaan media sosial saat ini telah menjangkau secara luas dalam konteks penyelenggaraan pendidikan di universitas. Media sosial sudah jamak digunakan sebagai alat bekomunikasi antar sivitas akademika. Salah satunya, media sosial digunakan sebagai media pembelajaran untuk mendukung aktivitas belajar mengajar. Disamping manfaat yang diberikan, tentu ada resiko yang tersimpan dibaliknya. Begitu juga dengan tingkat penerimaan di kalangan mahasiswa terkait penggunaan media sosial ini sebagai media pembelajaran. Dengan metode kualitatif deskriptif, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penerimaan mahasiswa terhadap penggunaan media sosial sebagai media pembelajaran. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa pengguna situs jejaring sosial (n=42). Hasil penelitian menunjukkan ada dua kelompok pendapat dalam penggunaan media sosial sebagai media pembelajaran ini, yaitu kelompok yang menerima dan kelompok yang menolak. Alasan dari masing-masing kelompok juga dijelaskan.
References
Boyd, D.M. & Ellison, N.B., 2007. Social Networking Sites: Definition, History, and Scholarship. Journal of Computer-Mediated Communication, 13(1), pp.210–230.
Cheung, C.M.K., Chiu, P.Y. & Lee, M.K.O., 2011. Online social networks: Why do students use facebook? Computers in Human Behavior, 27(4), pp.1337–1343. Available at:
Kaplan, A.M. & Haenlein, M., 2010. Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), pp.59–68.
Kirkwood, A. & Price, L., 2014. Technology-enhanced learning and teaching in higher education: what is “enhanced” and how do we know? A critical literature review. Learning, Media and Technology, 39(1), pp.6–36. Available at: http://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/17439884.2013.770404.
Moran, M., Seaman, J. & Tinti-Kane, H., 2011. Teaching, Learning, and Sharing: How Today’s Higher Education Faculty Use Social Media. Babson Survey Research Group, (April), pp.1–16. Available at: http://eric.ed.gov/?id=ED535130.
Silius, K. et al., 2010. Students’ motivations for social media enhanced studying and learning. Knowledge Management and E-Learning, 2(1), pp.51–67.
Sopiah, N., 2013. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Media Facebook. In Universitas Islam Indonesia.
Sopiah, N., 2013. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Media Facebook. In Proceeding Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) 2013. Universitas Islam Indonesia, pp. 16–20.
www.statista.com, 2015. Number of worldwide social network users 2010-2018. Available at: http://www.statista.com/statistics/278414/number-of-worldwide-social-network-users/ [Accessed December 22, 2015].
www.statista.com, 2012. Share of social network users in selected countries, by age group 2012. Available at: http://www.statista.com/statistics/271734/share-of-social-network-users-in-selected-countries-by-age-group/ [Accessed December 22, 2015].