APLIKASI PEMETAAN JALAN WISATA PANTAI PULAU BATAM DENGAN LAYANAN LOCATION BASED SERVICE BERBASIS ANDROID

  • Sudra Irawan Jurusan Teknik Informatika, Politeknik Negeri Batam
  • Dhamas Noprian Jurusan Teknik Informatika, Politeknik Negeri Batam

Abstract

Pulau Batam memiliki 18 pantai yang tersebar di beberapa kecamatan. Kurangnya informasi lokasi dan rute perjalanan menyebabkan masyarakat, terutama wisatawan, kesulitan berkunjung ke pantai. Perlu dibangun sebuah aplikasi berbasis mobile phone (android) yang mudah diakses oleh pengguna sebagai sarana informasi pemetaan untuk menampilkan lokasi pantai dengan lokasi pengguna saat itu, sehingga memudahkan pengguna ketika ingin berlibur ke pantai yang ingin di tuju. Aplikasi yang dibangun menjangkau pemetaan secara otomatis lalu menampilkannya dalam bentuk peta dan informasi seputar pantai yang ingin di tuju oleh pengguna. Metode yang digunakan yaitu menghubungkan lokasi pengguna dengan lokasi pantai dalam sebuah peta dengan layanan location based service. Aplikasi dapat berjalan dengan koneksi internet. Aplikasi pemetaan pantai yang telah dibangun mampu membantu pengguna mengetahui nama pantai, alamat lokasi pantai (peta), informasi pantai (fasilitas, harga tiket masuk, dan foto), jarak, dan waktu tempuh menuju pantai yang dipilih.

References

Charter Denny dan Agtrisari Inna, 2002, Desain dan Aplikasi Geographies Information System, Gramedia: Jakarta.
Murtiwiyati dan Glenn Lauren, 2013, Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android, Jurnal Ilmiah Komputasi Komputer dan Sistem Informasi, volume 12 No:2, ISSN: 1412-9434, hal 1-10.
Safaat H, Nazruddin, 2011, Android Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android, Informatika: Bandung.
Siregar, Ivan Michael, 2011, Membongkar Source Code Berbagai Aplikasi Android, Gava Media: Yogyakarta.
Winarto Edi, Ali Zaki, SmitDev Comunity, 2012, Membuat Aplikasi Android untuk Pemula, Kompas Gramedia: Jakarta.
Published
2020-05-23
How to Cite
Sudra Irawan, & Dhamas Noprian. (2020). APLIKASI PEMETAAN JALAN WISATA PANTAI PULAU BATAM DENGAN LAYANAN LOCATION BASED SERVICE BERBASIS ANDROID. Teknomatika: Jurnal Informatika Dan Komputer, 8(2), 1-8. Retrieved from https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/448
Section
Articles