SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KESESUAIAN LOKASI TERNAK RUMINANSIA MENGGUNAKAN METODE AHP (STUDI KASUS: KABUPATEN BREBES)

  • Anggraini Kusumaningrum Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto Yogyakarta

Abstract

Saat ini program pemerintah mengenai swasembada daging Sapi dan Kerbau belum berhasil dilaksanakan. Hal ini dikarenakan penyebaran ternak belum mengacu pada ketentuan yang ada. Dimana proses penyebaran ternak hanya mempertimbangkan faktor ekologi saja dan belum mempertimbangkan faktor pendukung seperti sumberdaya manusia dan kelembagaan, teknologi dan perkembangan wilayah, perkembangan infrasttruktur. Pada penelitian ini permasalahan tersebut dimodelkan dengan Multi Criteria Decision Making (MCDM). Dimana MCDM merupakan suatu metode pengambilan keputusan untuk menetapkan alternatif terbaik dari proses penyebaran ternak. Pada metode MCDM ini penentuan kesesuaian lokasi menggunakan metode Analytic Hierarchy Process (AHP) untuk menentukan bobot preferensi pengambil keputusan. Dari penelitian ini diperoleh bahwa kombinasi antara metode AHP dapat diimplementasikan dengan baik dan dapat memberikan alternatif yang tepat berdasarkan prioritas penyebaran ternak bagi pengambil keputusan dalam penentuan lokasi yang sesuai.

References

Hendayana, R,2003, Aplikasi Metode Location Quotient (LQ) dalam Penentuan Komoditas Unggul Nasional, Balai Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian, Bogor, http://www.litbang.deptan.go.id/warta-ip/pdf-file/rahmadi-12.pdf, 3 Maret 2013.
Herlinda, S., 2007., Arahan Penataan Kawasan Penyebaran dan Pengembangan Peternakan Sapi Potong di Kabupaten Lima Puluh Kota., Tesis., Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor, Bogor.
Hood, R., 1998., Economic Analysis : A Location Quotient, Primer, Principal Sun Region Associates, Inc
Kusumadewi, S.,Hartati, S., Harjoko, A. dan Wardoyo, R., 2003, Fuzzy Multi-Attribut Decision Making(Fuzzy MADM), Graha Ilmu, Yogyakarta.
Kusumaningrum, A., 2013., Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Kesesuaian Lokasi Ternak Ruminansia (Studi Kasus : Kabupaten Brebes)., Jurnal Ilmiah Berbasis Teknologi AngkasaVolume V Nomor 2 November 2013., ISSN:2085-9503., Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto., Yogyakarta.
Muryanto, Herawati. T., Prasetyo. A., Suprapto, Sugiyono, Prawoto, Suparman dan Susanti, 2005, Laporan Penyempurnaan Pewilayahan Ternak Ruminansia 1 : 50.000, Laporan Pengkajian, Departemen Peternakan, Brebes.
Suharyanto., 2011, Mewujudkan Swasembada Daging, Inspirasi, Vol 2, No. 31, 3
Turban, E., Aronson, J.,E.,Liang., 2005,” Decision Support Systems and Intelligent Systems, 7th Edition., Prentice-Hall International, Inc
Published
2020-05-23
How to Cite
Anggraini Kusumaningrum. (2020). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KESESUAIAN LOKASI TERNAK RUMINANSIA MENGGUNAKAN METODE AHP (STUDI KASUS: KABUPATEN BREBES). Teknomatika: Jurnal Informatika Dan Komputer, 8(1), 43-52. Retrieved from https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/445
Section
Articles