ANALISIS KUALITAS LAYANAN WEBSITE UNIVERSITAS HASANUDDIN DENGAN METODE WEBQUAL 4.0 MODIFIKASI
Abstract
Penelitian ini mencoba melakukan analisis terhadap kualitas layanan Website Universitas Hasanuddin dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan antara persepsi aktual dan harapan ideal pengguna website, dalam hal ini mahasiswa UNHAS, yang diukur melalui pendekatan WebQual 4.0 yang merupakan salah satu teknik pengukuran kualitas website berdasarkan persepsi pengguna. Metode WebQual yang digunakan dalam penelitian ini adalah WebQual versi 4.0 yang telah dimodifikasi dengan menambahkan dimensi kualitas antarmuka pengguna dengan tiga dimensi utama WebQual 4.0, yaitu kualitas kegunaan, kualitas informasi, dan kualitas interaksi layanan. Teknik analisis menggunakan Analisis Perbedaan (uji beda t) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat perbedaan (gap) antara persepsi aktual dan harapan ideal mahasiswa pada masing-masing dimensi kualitas layanan website, hal ini menunjukkan bahwa tingkat kualitas layanan website Universitas Hasanuddin belum sesuai dengan harapan mahasiswa. Hasil pemetaan dalam diagram kartesius diharapkan dapat menjadi umpan balik (feedback) bagi pihak manajemen pengelola website dalam menyusun strategi untuk meningkatkan kualitas website Universitas Hasanuddin.
References
Puspitasari, D., 2013. Kajian Kepuasan Terhadap Website Universitas Airlangga: Studi Komparasi antara Pengguna Internal dan Pengguna Eksternal/Potensial. Thesis, Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Sari, N., 2013. Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Universitas Hasanuddin Terhadap Situs www.unhas.ac.id. Thesis. Makassar: Universitas Hasanuddin.
Oliver, R. L,. 1980. A Cognitive Model of the Antecedents and Consequences of Satisfaction Decisions. Journal of Marketing Research, vol. 17, no. 4, p. 460.
Carlsson, T., 2010. Service Quality : Expectations, perceptions and satisfaction about Service Quality at Destination Gotland-A case study,” [Internet]. [cited 2014 Oct 29]. Available from: http://uu.diva-portal.org/smash/record.jsf?pid=diva2%3A351192&dswid=2983.
Barnes, S. J., dan Vidgen, R. T., 2002. An Integrative Approach to the Assessment of E-Commerce Quality. J. Electron. Commerce Res. 3.3 (2002): 114-127.
Barnes, S. J., dan Vidgen, R. T., 2005. Data triangulation in action : Using comment analysis to refine web quality metrics. in Proceedings of the 13th European Conference on Information Systems, Information Systems in a Rapidly Changing Economy, ECIS 2005, Regensburg: University of Bath.
Barnes, S. J., dan Vidgen, R. T., 2003. Measuring Web site quality improvements: a case study of the forum on strategic management knowledge exchange. Industr Mngmnt & Data Systems, vol. 103, no. 5, pp. 297–309.
Nasution, M., dan Mudjahidin, 2013. Analisis Kualitas Layanan Website Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Surabaya I Dengan Metode WebQual. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia.
Loiacono, E. T., Watson, R. T., dan Goodhue, D. L., 2002. WebQual: a measure of Web site quality. Marketing Educators’ Conference: Marketing Theory and Applications, vol. 13, pp. 432–437.
Khawaja, K. F., dan Bokhari, H. R., 2010. Exploring the factors associated with quality of website. Global journal of computer science and technology 10, no. 14: 37-45.
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., dan Berry, L. L., 1988. SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of Retailing, vol. 64, no. 1, pp. 12–40.
Lovelock, C. L., Walker, R. H., dan Patterson. P. G., 2001. Services marketing: an Asia-Pacific perspective. (2nd ed). Sdyney: Pearson Education.
Hasan, L., 2014. Evaluating the Usability of Educational Websites Based on Students' Preferences of Design Characteristics. International Arab Journal of e-Technology 3.3 (2014): 179-193.
Sutcliffe, A., 2001. Heuristic Evaluation of Website Attractiveness and Usability. in Interactive Systems: Design, Specification, and Verification, C. Johnson, Ed. Springer Berlin Heidelberg, 2001, pp. 183–198.