APLIKASI WEB LOGBOOK BIMBINGAN TUGAS AKHIR MAHASISWA STMIK JENDERAL ACHMAD YANI YOGYAKARTA

  • Dewi Damayanti
  • Ari Cahyono Program Studi S1 Teknik Informatika, STMIK Jenderal Achmad Yani Yogyakarta

Abstract

Logbook merupakan catatan harian yang sangat penting dalam sebuah penelitian, tesis, skripsi atau tugas akhir. Proses bimbingan penyelesaian tugas akhir mahasiswa STMIK Jenderal Achmad Yani terdiri dari beberapa tahap yaitu pengajuan proposal, ujian proposal, pembimbingan, pra-pendadaran (seminar tugas akhir akhir), dan pendadaran. Dalam proses pelaksanaannya, bimbingan Tugas Akhir di STMIK Jenderal Achmad Yani memerlukan sebuah sistem yang mampu memfasilitasi proses bimbingan dan meningkatkan kualitas bimbingan sesuai dengan kebutuhan dan prosedur yang berlaku.

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi web logbook bimbingan tugas akhir dengan menerapkan metode web engineering untuk menganalisis kebutuhan yang disesuaikan dengan sistem Logbook bimbingan yang ada di STMIK Jend. A. Yani dan diimplementasikan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan Framework CodeIgniter dan pattern HMVC (Hierarchycal Mode View Controller) .

Dengan adanya aplikasi web Logbook bimbingan TA, diharapkan dapat memudahakan mahasiswa maupun dosen pembimbing dalam melakukan bimbingan kapan dan dimana saja secara online.

References

Arifin, M., 2011. Sistem Informasi Support Ticket Sebagai Layanana Bantuan Untuk Pelanggan Di Perusahaan Web Hosting, Bandung: Digital library-Perpustakaan Pusat Unikom-Knowledge Center.
Kadir, A., 2008. Dasar Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP. Revisi ed. Yogyakarta: CV Andi OFFSET.
Kadir, A., 2013. Pemrograman Database MySQL Untuk Pemula. Yogyakarta: Media Kom.
Lembaga Penelitian Universitas Negeri Gorontalo, 2013. Buku Catatan Kegiatan Penelitian (Logbook). Gorontalo: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Gorontalo.
Pressman, R. S. & Lowe, D., 2009. Web Engineering A Practitioner's Approach. Americas, New York: The McGraw-Hill Higher Companies, Inc.
Prodi TI, 2014. Pedoman Penulisan Tugas Akhir versi 2.0. Yogyakarta: Program Studi Teknik Informatika STMIK Jenderal Achmad Yani.
Sidik, B., 2012. Pemrograman PHP Dengan Menggunakan Framework CodeIgniter 2. Bandung: INFORMATIKA.
Simarmata, J., 2010. Rekayasa Web. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Sukamto R.A & Shalahudin M., 2011. Rekayasa Perangkat Lunak. 1 ed. Bandung: Modula.
Walgito, B., 2010. Bimbingan dan Konseling (Studi & Karier). Yogyakarta: Andi Offset.
Winkel, W. & Hastuti, M. S., 2010. Bimbingan dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Whitten, J. L., Bentley, L. D. & Dittman, K. C., 2004. Metode Desain dan Analisis Sistem. 6 penyunt. Yogyakarta: Andi Offset.
Published
2020-05-23
How to Cite
Dewi Damayanti, & Cahyono, A. (2020). APLIKASI WEB LOGBOOK BIMBINGAN TUGAS AKHIR MAHASISWA STMIK JENDERAL ACHMAD YANI YOGYAKARTA. Teknomatika: Jurnal Informatika Dan Komputer, 8(1), 61-80. Retrieved from https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/441
Section
Articles