PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL WECHAT UNTUK MENINGKATKAN MARKET SHARE UKM

  • Aloysius Bagas Pradipta Irianto Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Abstract

Globalisasi pasar telah mempengaruhi perilaku perdagangan yang selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Hal itu mempengaruhi Usaha Kecil Menengah (UKM) yang juga dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan pasar agar dapat bertahan dan meningkatkan marketshare. Usaha Kecil Menengah (UKM) adalah kelompok usaha terbesar di Indonesia bahkan mungkin di Dunia [1]. Pada tahun 2001, UKM memberikan andil 99% dalam jumlah badan usaha dan 99,6% dalam penyerapan tenaga kerja. Banyaknya UKM ini tentu disebabkan karena produk-produk dari UKM sangat diminati bahkan dibutuhkan oleh masyarakat. Namun demikian tidak semua produk-produk dari UKM dikenal luas oleh masyarakat. Hal ini disebabkan karena promosi yang dilakukan oleh UKM kalah gencar dengan promosi dari Industri yang lebih besar. Penyebab utama dari hal ini adalah minimnnya anggaran promosi dari UKM. Untuk itulah mengapa sosial media (WeChat) menjadi penting sebagai salah satu media promosi praktis, yang murah, handal dan dapat menjangkau seluruh pengguna.

References

Angelica , Stephanie. (2012). Peran Sosial Media dalam Membangun Ikatan dengan Konsumen guna Memperoleh Loyalitas terhadap Perusahaan Jasa Penerbangan (Studi Kasus : PT Indonesia Airasia). Master Thesis, Universitas Indonesia.
Anonymous, RIM:2015 Pengguna BlackBerry di Indonesia capai 9,7 juta. www.suarapembaruan.com, diakses pada 4 april 2013.
AZ Ekaputra, Agus (2003) Rekayasa ulang proses bisnis terhadap usaha kecil menengah ( studi kasus pada PT. X ). Masters Thesis, BINUS.
Chaffey, Dave et al. (2000). Internet Marketing: Strategy, Implementation, and Practice. Pearson Education Limited, England.
Dentoni, D., & Reardon, T. (2009). Can SMEs Build Global Brands with Place-Of-Origin Information? The Role of Social Networks.
Gao, T., Sultan, F. and Rohm, A. J. (2010), “Factors influencing Chinese youth consumers’. acceptance of mobile marketing”. Journal of Consumer Marketing, Vol. 27 No. 7, pp. 574–583.
Handayani, et al., October 2009. Implementasi Sistem Pengelolaan Proses Bisnis, Journal of Information Systems, Volume 5, Issues 2.
Kartika H, Bambang. WeChat, Social Messaging dengan Fitur Kaya Multimedia. www.chip.co.id, diakses pada 3 april 2013.
Kotler, Philip & Armstrong, Gary. (2004). Principles of Marketing tenth Edition. Pearson Prentice Hall, United States of America.
Laudon, K.C. and Traver, C.G. (2011), E-commerce 2011 Business Technology Society 7th ed.Pearson Education, Inc., England.
Mershon, P. (2011, November 8). Small Businesses Moving Toward Social Media. Retrieved March 2012, 7 from Social Media Examiner: http://www.socialmediaexaminer.com/26-promising- social-media-stats-for-small-businesses/
Mohammed, Rafi, Fisher, Robert J., Jaworski, Bernard J., & Paddison, Gordon J. (2003). Internet Marketing: Building Advantage in a Networked Economy. McGraw-Hill, United States of America.
Purwanto, D., & Hidayat, W. S. (2012, Februari 6). Cerewetnya Indonesia di Twitter Jadi Sorotan. Retrieved Maret 3, 2012 from KOMPAS.com:http://internasional.kompas.com/read/2012/02/06/17441029/Cerewetnya.Indonesia.di.Twitter.Jadi.Sorotan.
Ryan, E. (2011, March 29). How Effective Social Media is for Small Businesses (Infograph). Retrieved March 7, 2012 from Postling.com:http://soshable.com/how-effective-social-media-is-for- small-businesses-infograph/
Safko, Lon and David K.Brake 2009. The Social Media Bible: Tactics, Tools, and Strategies for Business Success, John Wiley & Sons: New Jersey.
Published
2020-05-23
How to Cite
Aloysius Bagas Pradipta Irianto. (2020). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL WECHAT UNTUK MENINGKATKAN MARKET SHARE UKM. Teknomatika: Jurnal Informatika Dan Komputer, 8(1), 1-12. Retrieved from https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/439
Section
Articles