PENGENALAN POLA KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (STUDI KASUS DI STMIK AKAKOM YOGYAKARTA)

  • Dini Fakta Sari

Abstract

Tenaga edukatif dan tenaga non eduktif merupakan sumber daya manusia yang mendukung organisasi pendidikan. Salah satu tujuan organisasi pendidikan adalah tercapainya keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Keberhasilan belajar mengajar secara tidak langsung dapat dilihat dari tingkat kepuasan mahasiswa khususnya dalam proses belajar mengajar yang melibatkan mahasiswa, sumber belajar dan kinerja tenaga edukatif (Dosen). Penelitian ini dilakukan untuk melihat pola tingkat kepuasan mahasiswa yang dapat mendukung keberhasilan belajar mengajar yang meliputi motivasi dan kemampuan Dosen dalam mengajar, motivasi diukur dari metode dan kehadiran mengajar. Penilaian terhadap tingkat kepuasan mahasiswa dilakukan oleh mahasiswa melalui kuesioner. Data kuesioner diuji dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Pengenalan pola menggunakan Algoritma learning vector quantization (LVQ) khususnya dalam klasifikasi data, dan untuk mendapatkan karakteristik data dari hasil klasifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin baik kinerja Dosen maka semakin tinggi tingkat kepuasan mahasiswa dan sebaliknya semakin buruk kinerja Dosen maka semakin rendah tingkat kepuasan mahasiswa dalam proses belajar mengajar. Hasil identifikasi data kuesioner yang diujikan memiliki tingkat keberhasilan sebesar 100%.

References

Han J, Kamber M. 2001. Data mining: Concepts and Techniques. USA: Academic Press.
Imam Santoso, Achmad Hidayatno, Ndarutomo Romadona. 2008 .Aplikasi Jaringan Syaraf Tiruan Algoritma LVQ untuk Identifikasi Area Dengan Tekstur Tertentu Pada Citra Satelit. SILICON. Universitas Pelita Harapan.
Ismaya Agny, 2005. Analisa dan Implementasi Optimal Brain Surgeon (OBS) Untuk Klasifikasi Pada Data Mining. Tugas Akhir, Jurusan Teknik Informatika, STT TELKOM.
Pang-Ning Tan, Michael Steinbach, and Vipin Kumar. 2004. Introduction to Data Mining”. http://www.cse.msu.edu/~cse980
Uning lestari, 2012. Sistem Aplikasi Identifikasi Lahan Untuk Budidaya Tanaman Pangan Menggunakan Learning Vevtor Quantization (LVQ). SNAST Periode III. IST Akprind.
Published
2020-05-23
How to Cite
Dini Fakta Sari. (2020). PENGENALAN POLA KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (STUDI KASUS DI STMIK AKAKOM YOGYAKARTA). Teknomatika: Jurnal Informatika Dan Komputer, 8(1), 53-60. Retrieved from https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/438
Section
Articles