PENGEMBANGAN MEDIA SOSIALISASI ETIKA KAMPUS DALAM BENTUK ANIMASI 2D
Abstract
Akhir-akhir ini banyak mahasiswa yang menunjukkan etika yang kurang baik di lingkungan kampus, seperti: cara berpakaian, memelihara kebersihan lingkungan, perilaku saat berada di perpustakaan, perilaku saat berada di lorong dan tangga, perilaku pada saat ujian dan perilaku bagi mahasiswa perokok saat berada di kampus, dan lain-lain. Bahwasanya di Politeknik Negeri Batam sudah ada peraturan-peraturan tertulis yang harus dipatuhi oleh Mahasiswa, namun masih terdapat sejumlah mahasiswa yang kurang memperhatikan peraturan-peraturan tersebut. Oleh karena buku atau ebook yang statis kurang diminati oleh mahasiswa untuk membacanya, sehingga menjadi salah satu potensi mahasiswa melanggar peraturan. sebuah media alternatif lain dalam menyampaikan pesan atau informasi kepada mahasiswa terkait peraturan-peraturan di lingkungan kampus adalah dalam bentuk animasi. Dalam proses pembuatan film animasi ini menggunakan aplikasi CorelDraw X5, Adobe Flash CS6, Adobe Audition CS6, Adobe After Effects CS6 dan Adobe Premiere CS6. Metodologi yang digunakan dalam pengembangan animasi adalah menerapkan metode versi Luther-Sutopo yang sudah dimodifikasi. Tahapan produksi (assembly) dimulai dengan desain karakter dan tekstur, pembuatan animasi, dubbing, rendering dan editing. Berdasarkan perancangan, implementasi, pengujian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini sudah dapat menghasilkan film animasi yang dapat menyampaikan pesan tentang pentingnya etika di lingkungan kampus. Penyampaian ini sudah dapat dikatakan berhasil karena mencapai 100% pendapat audience menyatakan bahwa jalan cerita, karakter dan pesan yang terdapat dalam film animasi ini dapat dipahami dengan baik oleh audience. Selanjutnya dapat memberi motivasi kepada audience untuk sadar akan pentingnya berperilaku yang baik dikampus mencapai 89%.
References
Artisty, T., 2013, Membuat desain karakter animasi yang menarik, http://www.idseducation.com/2013/09/25/membuat-desain-karakter-animasi-yang-menarik/, diakses pada 26 Mei 2014.
Binanto, I., 2010, Multimedia Digital Dasar Teori dan Pengembangannya, Andi Offset, Yogyakarta.
Gazabla, S., 1973, Sistematika filsafat, Bulan Bintang, Jakarta.
Priyono, E.S., 2013, Pedoman Pembelajaran Mahasiswa Politeknik Negeri Batam, http://learning.polibatam.ac.id/mod/resource/view.php?id=901, diakses pada 10 Maret 2014.
Putranto, A., 2013, Pembuatan FILM KARTUN "Ayo selamatkan bumi kita” Dengan Teknik Hybrid Animation. http://repository.amikom.ac.id/files/Publikasi_08.12.3146.pdf, di akses pada 27 Februari 2014.
Rini, B. W., 2010, Adoba Flash CS5 Untuk Membuat Animasi Kartun, Yogyakarta, Penerbita Andi.
RISTIA, K., 2012, Perancangan Iklan Animasi Layanan Masyarakat tentang sosialisasi Pola Hidup Vegetarian terhadap Masyarakat Perkotaan di Indonesia. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer. http://eprints.dinus.ac.id/11281/, diakses 10 Desember 2014.
Sarpon, A., 2013, Download Xilisoft Video Converter Ultimate,
http://www.mujijayaganesha.com/2013/02/download-xilisoft-video-converter.html, di akses pada 25 Februari 2014.
Shabri, I., Yuliana, Mike, Hasbi, M., 2008, Pembuatan Animasi 2D Bertemakan peduli lingkungan dengan Cell Technique.
Simorangkir., 2010, Etika Bisnis, Jabatan, dan Perbankan, Rineka Cipta.
Supratman, D., 2007, Unsur Visual dan Verbal Pada Iklan Layanan Masyarakat Pekan Imunisasi Sosial
Vaughan, T., 2010, Multimedia: Making It Works, Edisi 6, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset.
Wijaya, A., 2014, Rancang Bangun Film Animasi 2 Dimensi I Belog Berbasis Flash, http://www.academia.edu/6468367/BAB_I, diakses 10 Desember 2014.