SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN BIMBINGAN TUGAS AKHIR MAHASISWA BERBASIS WEB DI STMIK JENDERAL ACHMAD YANI YOGYAKARTA MENGGUNAKAN CODEIGNITER DAN JQUERY

  • Saifullah Al Amin

Abstract

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jenderal Achmad Yani (STMIK Jend. A. Yani) adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarta. Sebagaimana perguruan tinggi lain, mahasiswa tingkat akhir tiap tahunnya mengerjakan proyek yang memiliki daya guna, proyek ini di kalangan mahasiswa disebut sebagai tugas akhir. Dalam pengelolaanya, lembaga memiliki sistem informasi akademik, akan tetapi belum sepenuhnya dipergunakan karena sistem yang dimiliki di desain untuk perguruan tinggi selevel universitas. Saat ini lembaga belum mempunyai sistem yang menangani hal tersebut sesuai dengan kondisi riil, apalagi pada tahun ini, tahun 2013, lembaga meluluskan bukan hanya diploma tiga namun juga meluluskan strata satu. Dengan adanya kebutuhan yang sedemikian penting dan demi kemudahan dalam pengelolaan, maka sudah saatnya dibuat sistem yang menangani hal tersebut.

Sistem Informasi Pengelolaan Bimbingan Tugas Akhir Mahasiswa atau disebut SILABITAMA merupakan hasil dari usaha untuk memenuhi kebutuhan yang ada. Dengan didahului pemahaman masalah dan dilanjutkan dengan menganalisa permasalahan dan solusi yang memungkinkan, maka penulis merancang dan mengimplementasikan sistem yang ditujukan untuk menangani pengelolaan bimbingan tugas akhir setiap tahunnya. Dengan adanya SILABITAMA berbasis web, proses pengelolaan dan pemantauan tugas akhir bisa dilakukan dengan cepat, akurat dan mudah.

Dengan demikian, masalah yang ada dapat diatasi sesuai kondisi riil kampus STMIK Jend. A. Yani begitu juga dengan kompleksitas masalah yang selalu berkembang seiring bertambahnya jumlah mahasiswa dan program studi.

References

Booch, G., Rumbaugh, J. & Jacobson, I., 1999. The Unified Modeling Language User Guide. Reading, Massachusetts, US: Addison Wesley.
Chen, P. P.-S., 1976. The Entity-Relationship Model—Toward a Unified View of Data. ACM Transactions on Database Systems (TODS), 1(1), pp. 9-36.
Daqiqil, 2011. Framework Codeigniter – Sebuah Panduan dan Best Practice. [Online] Available at: ftp://jaran.undip.ac.id/pustaka/Framework%20Code igniter%202.pdf [Accessed 01/06/2013].
Ellislab, 2013. Welcome to CodeIgniter: CodeIgniter User Guide. [Online] Avail- able at: https://ellislab.com/codeigniter/user-guide/index.html [Accessed 01/06/2013].
Fathansyah, 2012. Basis Data, Edisi Revisi. Bandung: Penerbit Informatika. Highcharts, 2013. Highcharts – Highcharts product. [Online] Available at:
http://www.highcharts.com/products/highcharts [Accessed 01/06/2013].
Jogiyanto, 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.
jQuery, 2013. jQuery. [Online] Available at: http://jquery.com [Accessed 01/06/2013].
McLeod, Jr. R., 2004. Management Information Systems, 9th Edition. London: Pearson.
White, S. A., 2004. Introduction to BPMN. [Online] Available at: http://www.omg. org/bpmn/Documents/Introduction_to_BPMN.pdf [Accessed 01/06/2014].
Published
2020-05-23
How to Cite
Saifullah Al Amin. (2020). SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN BIMBINGAN TUGAS AKHIR MAHASISWA BERBASIS WEB DI STMIK JENDERAL ACHMAD YANI YOGYAKARTA MENGGUNAKAN CODEIGNITER DAN JQUERY. Teknomatika: Jurnal Informatika Dan Komputer, 7(1), 81-102. Retrieved from https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/429
Section
Articles