PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI RUMAH SAKIT STUDI KASUS RSUP DR. SARDJITO

  • Rininta Hanum

Abstract

Sebagai Rumah Sakit Umum milik Pemerintah, Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Sardjito dituntut untuk memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat. Salah satu usahanya dengan menggunakan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (SI dan TI). Namun demikian sampai saat ini penggunaannya sekedar memenuhi operasional semata, belum selaras dengan strategi bisnisnya. Dapat dikatakan bahwa SI dan TI hanya berada pada level Support. Oleh karena itu perlu adanya Perencanaan Strategis Sistem Informasi (SI) bagi RSUP dr. Sardjito. Proses perencanaan SI dilakukan dengan analisis lingkungan internal dan eksternal bisnis SI dan TI. Selanjutnya dilakukan analisis kekuatan bersaing, analisis SWOT, analisis value chain dan analisis critical success factors (CSFs). Analisis-analisis tersebut kemudian akan menghasilkan aktivitas pokok, yang kemudian menimbulkan kebutuhan informasi dan potensi aplikasinya. Berdasarkan portofolio aplikasi, diformulasikan strategi manajemen SI dan TI. Dari penelitian tentang ini, RSUP dr. Sardjito membutuhkan beberapa Sistem Informasi, salah satu yang terpenting adalah Sistem Informasi Manajemen Kontrol yang bersifat strategis dengan harapan memberikan keunggulan kompetitif bagi RSUP dr. Sardjito.

References

Ward, John dan Peppard, Joe,. 2002. Strategic Planning for Information Systems, Third Edition. London. John Wiley & Sons, Ltd.
Kristianto, Edy & Susanto, Adhi,. 2007. Evaluasi penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta dengan menggunakan HOT-Fit. Tesis. Yogyakarta: S2 Teknik Elektro (Magister Teknologi Informasi) Universitas Gadjah Mada.
Published
2020-05-23
How to Cite
Rininta Hanum. (2020). PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI RUMAH SAKIT STUDI KASUS RSUP DR. SARDJITO. Teknomatika: Jurnal Informatika Dan Komputer, 7(1), 65-80. Retrieved from https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/428
Section
Articles