SISTEM KUISIONER ONLINE EVALUASI KINERJA DOSEN INTEGRASI DENGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK STMIK JENDERAL ACHMAD YANI YOGYAKARTA

  • Alfirna Rizqi Lahitani

Abstract

Dosen merupakan salah satu komponen penggerak esensial dalam pendidikan di perguruan tinggi. Dalam proses perkuliahan, interaksi antara dosen dan mahasiswa terjadi saat proses belajar-mengajar. Untuk mencapai profesionalisme dan kinerja yang lebih baik, dapat diwujudkan melalui kegiatan evaluasi kinerja yang diselenggarakan secara rutin. Salah satu bentuk evaluasi dapat dilakukan melalui kuisioner.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem kuisioner evaluasi kinerja dosen yang digunakan untuk memudahkan mahasiswa memberikan penilaian terhadap kinerja dan kualitas pengajaran dosen secara online. Sistem dirancang berbasis web menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai database engine yang diintegrasikan secara point to point.

Dengan penerapan sistem kuisioner online diharapkan dapat membantu pihak pengelola dalam meningkatkan efisiensi dan efektifitas penilaian kinerja dosen guna mengoptimalkan proses pengajaran.

References

Arikunto, S., 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
MIT, 2004. Enterprise Integration Options. [Online] Available at: http://web.mit.edu/itag/eag-0.1/EnterpriseIntegrationOpts.pdf [Accessed 01/08/2013].
Nixon, R., 2009. Learning PHP, MySQL, and JavaScript. Sebastopol: O'Reilly. Nugroho, A., 2011. Perancangan dan Implementasi Sistem Basis Data.
Yogyakarta: Penerbit Andi.
Soeherman, B. & Pinontoan, M., 2008. Design Information System. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Utomo, W. H., 2010. Pemodelan Basis Data Berorientasi Objek. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Published
2020-05-23
How to Cite
Alfirna Rizqi Lahitani. (2020). SISTEM KUISIONER ONLINE EVALUASI KINERJA DOSEN INTEGRASI DENGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK STMIK JENDERAL ACHMAD YANI YOGYAKARTA. Teknomatika: Jurnal Informatika Dan Komputer, 7(1), 55-64. Retrieved from https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/426
Section
Articles