STRATEGI UNTUK MERAIH KEUNGGULAN KOMPETITIF DALAM E-BUSINESS, STUDI KASUS PADA AMAZON.COM

  • Arif Himawan Program Studi Manajemen Informatika, STMIK Jenderal A. Yani Yogyakarta

Abstract

Internet telah mengalami fase naik (growth), menurun (decline) dan growth kembali. Tidak banyak perusahaan yang terjun dalam E-Business mampu beradaptasi pada siklus hidup yang dialami oleh internet tersebut. Salah satu perusahaan yang mampu beradaptasi dan sukses dalam berbisnis pada siklus hidup internet tersebut adalah Amazon.com. Tulisan ini mencoba mengidentifikasi strategi yang dibangun oleh Amazon.com untuk meraih keunggulan kompetitif dalam berbisnis di era internet. Tulisan ini menemukan bahwa strategi yang dibangun oleh amazon berdasar pada visi, misi dan nilai organisasi yang kuat serta pemahaman atas kebutuhan dan keinginan konsumen.

References

Porter, M.E, “Keunggulan Bersaing : Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul”, Alih Bahasa Tim Binarupa Aksara, Binarupa Aksara, 1994
Simons, Kenneth, “Product Market Characteristics and The Industry Life Cycle", www.rpi.edu, 2011
Shabazz, Daaim, “Toward a better understanding of e-Marketing Strategy : Past and Present”, www.informaworld.com
Coffman dan Odlyzko, “The Growth of Internet”, www.dtc.umn.edu, 2001
Kenny, D, and Marshall, JF, “Contextual Marketing : The Real Business of The Internet” on Harvard Business Review, Harvard Business School Publishing, Boston, USA, 2001
Dimas, “Potret Gaya Hidup Ber-Internet”, Tempo Interaktif, www.tempointeraktif.com
Ka, Lhe, “Critical Succes Factor for Business-to-Customer E-Business: Lesson from Amazon and Dell”, Massachusetts Institute of Technology, Boston, USA, 2000
Casey, R dan Caroll, W, “The Impact of E-Commerce Industry Turmoil on Amazon.com : A Strategic Perspective”, The Internet Business Review, 2004
Amazon in Focus, Celebrating 15 Years, Annual Financial Report, 2010
Kotha, Suresh, “Competing on The Internet : How Amazon.com Is Rewriting The Rules of Competition”, Advances in Strategic Management, Volume 15, 1998
Porter, ME, Millar, VE, “How Information Gives You Competitive Advantages”, Harvard Business Review, July-August, 1985
Hitt, MA, RA, Ireland, RD and Hoskisson, RE, “Strategic Management Competitiveness and Globalization”, 4th ed., Cincinnati: South-Western College Publishing. 2001
Pearce II, JA & Robinson, Jr, RB, “Strategic Management: Formulation, Implementation, and Control”, 8th ed., Boston: McGraw-Hill. 2003
The Internal Environtment : Resouce-Based View strategy, http://fba.aiub.edu/pages/files/cs/mgt/MGT110043.pdf, tanpa tahun
Collin, J.C., Porras, J.I., “Built To Last : Tradisi Sukses Perusahaan-perusahaan Visioner”, Alih Bahasa Hifni Alifahmi, Erlangga, Jakarta, 2001
Published
2020-05-23
How to Cite
Arif Himawan. (2020). STRATEGI UNTUK MERAIH KEUNGGULAN KOMPETITIF DALAM E-BUSINESS, STUDI KASUS PADA AMAZON.COM. Teknomatika: Jurnal Informatika Dan Komputer, 6(2), 53-66. Retrieved from https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/420
Section
Articles