APLIKASI SISTEM PAKAR TRADITIONAL CHINESE MEDICINE (TCM) UNTUK DIAGNOSA PENYAKIT JANTUNG MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR (CF)

  • Abriarenny S.M.A Program Studi S1 Teknik Informatika, STMIK Jenderal Achmad Yani Yogyakarta
  • Choerun Asnawi Program Studi S1 Teknik Informatika, STMIK Jenderal Achmad Yani Yogyakarta

Abstract

Penyakit jantung merupakan pembunuh nomor 1 di dunia, termasuk di Indonesia. Angka kematian yang tinggi karena penyakit jantung disebabkan oleh ketersediaan tenaga medis yang terbatas serta mahalnya biaya pemeriksaan kesehatan. Hal tersebut menjadikan pengobatan alternatif kembali diminati, salah satunya menggunakan metode Traditional Chinese Medicine (TCM). Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah aplikasi sistem pakar yang mudah dipahami dan memiliki fitur diagnosa penyakit jantung secara TCM serta mampu memberikan rekomendasi pengobatan dengan menggunakan titik-titik akupuntur, obat herbal dan nutrisi sesuai dengan diagnosa yang diberikan. Aplikasi sistem pakar ini dirancang dengan mengunakan model waterfall. Pengetahuan direpresentasikan menggunakan model Kaidah Produksi, yang dituliskan dalam bentuk if-then. Metode inferensi yang digunakan dalam aplikasi ini adalah backward chaining dan forward chaining, sedangkan untuk menentukan besarnya kepercayaan pengguna digunakan metode Certainty Factor (CF).

References

Armalina, V., 2012. Perancangan Antarmuka (Design Interface) - part 1. Handout Kuliah. [Online] Tersedia di: http://viska.web.id/wp-content/uploads/2012/ 09/Pertemuan4_Perancangan-ANtarmuka.pptx [Diakses pada 1/5/2013].
Hartati, S. & Iswanti, S., 2008. Sistem Pakar dan Pengembangannya. Edisi 1.
Yogyakarta: Graha Ilmu.
Kasniyah, N., 2009. Fenomena budaya dalam penyembuhan penyakit secara tradisional: pijat refleksi dan transfer penyakit dengan media binatang. Masyarakat, Kebudayaan dan Politik (MKP), 22(4), pp. 1-12.
Kastner, J., 2004. Nutrition Chinese Therapy. 1st Edition. Herrsching: Thieme. Kusrini, 2008. Aplikasi Sistem Pakar Menentukan Faktor Kepastian Pengguna
Menggunakan Metode Kuantifikasi Pertanyaan. Yogyakarta: Andi.
MySQL, 2013. MySQL and Big Data. [Online] Tersedia di: http://www.mysql.com/ why-mysql/bigdata/ [Diakses pada 16/5/2013].
Ridho, A., 2012. Bekam Sinergi. Solo: AQWAMEDIKA.
Setyaningrum, E., 2011. Penyakit Jantung Bawaan Bisa Disembuhkan. [Online] Tersedia di: http://www.politikindonesia.com./index.php?k=wawancara&i= 42506 [Diakses pada 1/5/2013].
Sukamto, R.A. & Shalahuddin, M., 2011. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Modula.
Turban, E., Aronson, J.E. & Liang, T.P., 2005. Decision Support Systems and Inttelligent Systems (Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas). Edisi 7. Yogyakarta: Andi.
Wahyudi, 2011. Penggolongan Sindrom dalam Akupuntur. Yogyakarta: LPK Sumber Waras.
Published
2020-05-23
How to Cite
Abriarenny S.M.A, & Choerun Asnawi. (2020). APLIKASI SISTEM PAKAR TRADITIONAL CHINESE MEDICINE (TCM) UNTUK DIAGNOSA PENYAKIT JANTUNG MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR (CF). Teknomatika: Jurnal Informatika Dan Komputer, 6(2), 35-52. Retrieved from https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/419
Section
Articles