SINKRONISASI WAKTU PADA WIRELESS SENSOR NETWORK (JARINGAN SENSOR NETWORK NIRKABEL )

  • Adkhan Sholeh

Abstract

Wireless sensor network (WSN) merupakan jaringan yang dibentuk oleh node-node berupa perangkat sensor. Untuk dapat mengirimkan data melalui jaringan dan memenuhi berbagai kebutuhan pembacaan data, sangatlah penting suatu node mempunyai sumber informasi waktu yang tepat dan sinkron terhadap node-node lainnya. Persoalan sinkronisasi waktu dalam sistem terdistribusi adalah keniscayaan, termasuk dalam WSN. Karakteristik khusus node WSN memberikan tantangan yang unik untuk sinkronisasi waktu, di samping persoalan-persoalan yang umum dijumpai terkait sinkronisasi waktu antar node dalam suatu jaringan. Tulisan ini menguraikan pentingnya sinkronisasi waktu untuk WSN, penelitian-penelitian serta metode sinkronisasi yang telah dihasilkan, serta gambaran umum masalah-masalah dalam sinkronisasi waktu dalam WSN.

References

L. Lamport, “Time, clocks, and the ordering of events in a distributed system,” vol. 21, no. 7, 1978.
D. L. Mills, “Internet Time Synchronization: The Network Time Protocol,” Transactions on Communications, COM 39, no.10, vol. 39, no. 10, 1991.
J. Elson dan D. Estrin, “Time Synchronization for Wireless Sensor Networks,” dalam Proceedings of the 2001 International Parallel and Distributed Processing Symposium (IPDPS), Workshop on Parallel and Distributed Computing Issues in Wireless and Mobile Computing, San Fransisco, 2002.
J. Elson, L. Girod dan D. Estrin, “Fine-Grained Network Time Synchronization Using Reference Broadcasts,” dalam Fifth Symposium Operating System Design and Implementation (OSDI 2002), 2002.
S. Ganeriwal, R. Kumar dan M. Srivastava, “Time Sync Protocol for Sensor Network,” dalam The First ACM Conference on Embedded Networked Sensor System (SenSys), Los Angeles, 2003.
M. Maroti, B. Kusy, G. Simon dan A. Ledeczi, “The Flooding Time Synchronization Protocol,” dalam Proceedings of the ACM Conference on Networked Sensor Systems (SenSys’04), New York, 2004.
H. Kopetz dan W. Ochsenreiter, “Clock Synchronization in Distributed Real-Time Systems,” IEEE Transactions on Computers, vol. 36, no. 8, 1987.
Published
2020-05-23
How to Cite
Adkhan Sholeh. (2020). SINKRONISASI WAKTU PADA WIRELESS SENSOR NETWORK (JARINGAN SENSOR NETWORK NIRKABEL ). Teknomatika: Jurnal Informatika Dan Komputer, 6(2), 81-88. Retrieved from https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/418
Section
Articles