PENERAPAN DATA WAREHOUSE DALAM PENGELOLAAN SISTEM KEUANGAN DAERAH (STUDI KASUS PEMERINTAH PROVINSI XYZ)

  • Kholid Haryono Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta

Abstract

Data Warehouse merupakan sekumpulan teknologi yang memberikan dukungan pengambil keputusan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan bagi pegawai tingkat manajerial seperti eksekutif, manajer, analis dan jajaran direksi yang berguna dalam pengambilan keputusan yang baik dan cepat. Kebutuhan pemerintah daerah terkait kualitas informasi keuangan yang bersifat time series saat ini menjadi pokok setelah terbitnya kebijakan otonomi daerah dan perimbangan keuangan antara pusat dan daerah yang memberikan wewenang lebih luas kepada pemerintah daerah dalam pengelolaan keuangannya. Salah satu tolok ukur keberhasilan otonomi adalah terwujudnya kemandirian daerah dalam bidang keuangan yang berpengaruh langsung terhadap kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk membuat desain sistem dan prototype data warehouse studi kasus sebuah provinsi di Indonesia yang mengelola sumber-sumber data keuangan yang selama ini tidak dikelola dengan baik dan memiliki nilai manfaat besar bagi pengambil keputusan. Sistem diimplementasikan menggunakan tool BI SQL Server melalui tahap skema data warehouse, koneksi data ke tool, desain analysis service dan delivering report. Hasil dari penelitian bermanfaat sebagai model yang dapat digunakan oleh unit yang membidangi pengembangan aplikasi untuk diintegrasikan dengan portal pemerintahan.

References

Andreas Ronald, D. S. (2010). Analisis Kinerja Keuangan dan Pertumbuhan Ekonomi sebelum dan sesudah diberlakukannya Otonomi Daerah di Kabupaten Kulon Progo. Bisnis dan Ekonomi Vol. 1 No. 1, 31-42.
Bastian, I. (2001). Akuntansi Sektor Publik di Indonesia (Edisi Pertama ed.). Yogyakarta: BPFE, UGM.
Celina M. Olszak, E. Z. (2007). Approach to Building and Implementing Business Intelligence Systems. Interdisciplinary Journal of Information, Knowledge and Management, Volume 2, 135.
Cornolly, T. M., & E.Begg, a. C. (2005). Database Systems : A Practical Approach to Design, Implementation, and Management. USA: Addison Wesley, Longman Inc.
Dajan, A. (2008). Pengantar Metode Statistik. Jakarta: LP3ES.
Halim, A. (2001). Bunga Rampai : Manajemen Keuangan Daerah (Pertama ed.): UPP AMP YKPN.
Han, J. K., Micheline. (2006). Data Mining : Concepts and Techniques. USA: Morgan Kaufmann Publishers.
G. Satyanarayana Reddy et. al. / (IJCSE) International Journal on Computer Science and Engineering Vol. 02, No. 09, 2010, 2865-287.
Inmon, w. h. (2005). Building Data Warehouse (Edisi 4 ed.). Canada: John Wiley & Sons.
Kimball, R. (1996) The Data Warehouse Toolkit: Practical Techniques for Building Dimensional Data Warehouses, New York: John Wiley & Sons
Kroenke. (2006). Database Processing. Fundamental, design and implementation: Pearson Education.
Larson, B. (2009). Delivering business intelligence with Microsoft SQL server TM 2008. New York: McGraw-Hill.
Mahsun, M. (2009). Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: BPFE UGM Yogyakarta.
Noverino Rifai, K. A. G. (2004). Business Intelligence. Bandung: ITB.
Power, D. J. (2002). A Brief History of Decision Support Systems.
Prastowo, D., dan Juliaty, Rifka. (2002). Analisa Laporan Keuangan Konsep dan Aplikasi (Edisi Revisi ed.). Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
Robertson, G. (2002). Revie Kinerja, Lokakarya Revie Kinerja BPKP dan Executive Education.
Ronald. (2008). Quick Intro to Microsoft Office
PerformancePoint Server 2007: MIC ITB Bandung.
Sheng-Tun Li, L.-Y. S., Shu-Fen Lee. (2008). Business Intelligence Approach to Supporting Strategy Making of ISP Service Management. Expert System sith Application Journal, Volume 35, 739-754.
Steadman, M. (2003). The Value of BI for Association Executives: Association Xpertise Inc.
Thesaurianto, K. (2007). Analisis Pengelolaan Keuangan Daerah terhadap Kemandirian Daerah. Semarang: Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.
Turban, J. E. A., Ting Peng Liang. (2005). Decision Support Systems and Intelligent Systems. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Williams, N. W. d. S. (2007). The Profit Impact of Business Intelligence. San Francisco: Morgan Kaufmann, Elsevier.
Williams, S. W. d. N. (2004). BI and Government Performance Management: Getting to Green, DM Review.
Published
2020-05-23
How to Cite
Kholid Haryono. (2020). PENERAPAN DATA WAREHOUSE DALAM PENGELOLAAN SISTEM KEUANGAN DAERAH (STUDI KASUS PEMERINTAH PROVINSI XYZ). Teknomatika: Jurnal Informatika Dan Komputer, 6(2), 1-16. Retrieved from https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/415
Section
Articles