RANCANG BANGUN SOFTWARE BERBASIS ANDROID UNTUK PENCARIAN MASJID TERDEKAT SEBAGAI ALAT BANTU BAGI MUSLIM MUSAFIR

  • Nurochman

Abstract

Seorang muslim wajib melaksanakan sholat lima waktu dalam sehari semalam. Bagi musafir, mencari masjid merupakan kebutuhan yang mendesak ketika hendak menunaikan sholat. Teknologi Global Positioning System (GPS) yang dipadukan dengan Location Based Service (LBS) dapat digunakan untuk membantu pengguna mencari lokasi obyek yang diinginkan, misalnya masjid. Namun kendala yang muncul adalah ketika pengguna berada pada daerah yang tidak mendapatkan sinyal. Penelitian ini telah berhasil membangun sistem berbasis android untuk mencari lokasi masjid terdekat dengan bantuan GPS atau menggunakan inputan berupa nama daerah dimana pengguna berada. Hasil pengujian menunjukan fungsionalitas sistem sudah berjalan dengan baik. Namun hanya saja akurasi dalam mendeteksi posisi pengguna sangat terpengaruh oleh kualitas GPS yang tertanam dalam device android pengguna.

References

Abdurrahman. Sistem Pelayanan Derek Mobil Berdasarakan pos terdekat menggunakan aplikasi berbasis web. Yogyakarta: Ilmu Komputer FMIPA UGM, 2011.
Al Fatta, Hanif. 2007. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta : Andi Offset
Kadir, A. Pemrogaman WEB : mencakup: HTML CSS Javascript dan PHP. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2003.
Madcoms. 2004. Aplikasi Program PHP dan MySQL untuk Membuat Website Interaktif. Yogyakarta: Andi Offset
Purnadi, Christian Wisnu. Aplikasi Peta Mobile untuk pencarian jalur terpendek pada sistem operasi android. Yogyakarta: Ilmu Komputer FMIPA UGM, 2010.
Published
2020-05-23
How to Cite
Nurochman. (2020). RANCANG BANGUN SOFTWARE BERBASIS ANDROID UNTUK PENCARIAN MASJID TERDEKAT SEBAGAI ALAT BANTU BAGI MUSLIM MUSAFIR. Teknomatika: Jurnal Informatika Dan Komputer, 6(2), 67-72. Retrieved from https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/414
Section
Articles