Penggunaan TOGAF ADM untuk Merancang Blueprint SI/TI di Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah

  • Nova Noor Kamala Sari Magister Teknik Informatika, Program Pasca Sarjana, STMIK AMIKOM Yogyakarta
  • Ema Utami Magister Teknik Informatika, Program Pasca Sarjana, STMIK AMIKOM Yogyakarta
  • Armadyah Amborowati Magister Teknik Informatika, Program Pasca Sarjana, STMIK AMIKOM Yogyakarta

Abstract

Pengelolaan sumberdaya manusia kesehatan sangatlah vital bagi penyediaan layanan kesehatan di semua tempat. SI/TI diadopsi untuk mengoptimalkan pegelolaan tersebut. Namun terdapat ketidaksesuaian antara aplikasi yang dikembangkan oleh Kementerian Kesehatan dengan kebutuhan aplikasi SI/TI di lapangan. Diperlukan blueprint yang mampu memetakan portofolio saat ini dan solusi SI/TI yang dituju, untuk mensinergikan kebijakan strategis di lingkungan dinas kesehatan, untuk itulah diadopsi Enterprise Architecture (EA). Perencanaan EA ini akan menggunakan pendekatan TOGAF ADM digabungkan dengan framework Ward & Peppard pada tahapan Business Architecture. Analisis yang digunakan antara lain SWOT, Value Chain, CSF dan 5 Daya Porter. Pengumpulan data menggunakan Participatory Action Research (PAR) untuk mendapatkan hasil yang lebih valid dan up to date. Adapun tahapan TOGAF ADM yang dilalui adalah tahapan Architecture Vision, Business Arsitecture, Information System Architecture, Technology Architecture, dan Oppurtinities and Solution. Hasil penelitian adalah blueprint awal yang dapat digunakan sebagai portofolio dan pedoman awal pengembangan blueprint SI/TI keseluruhan di lingkungan Kantor Dinkes Prov. Kalteng.

References

Land, M.O., Proper E., Waage M., Cloo, J., Steghuis, C., 2009, Enterprise Architecture: Creating value by Informed Goverance, Springer, Berlin.
Nugrahaningsih, N., 2007, Pembuatan Blue Print E-Government Menggunakan Metodologi “Enterprise Architecture Planning” di Pemerintah Kota Palangkaraya, Program Studi Magister Informatika, Institut Teknologi Bandung, Bandung
Open Group, The. 2009, The Open Group Architecture Framework: Architecture Development Method. Diakses pada tanggal 31 November 2012 dari http://www.opengroup.org/architecture/togaf9-doc/arch/.
Parizeau, Y., 2002, Enterprise Architecture for Complex Government and the Challenge of Government On-Line in Canada, Faculty of Computer Science, Dalhouise University, Halifax – Canada.
Sumantri, K.T., 2011, Permodelan Arsitektur Enterprise dengan TOGAF ADM pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional SDN Galunggung Kota Tasikmalaya, Tesis, Magister Teknologi Ilmu Komputer, Institut Pertanian Bogor, Bogor.
Ward, J.L, Peppard, J., 2002, Strategic Planning for Information Systems, John Wiley & Sons, West Sussex – England.
Widiatmo, R.L., 2012, Perencanaan Strategis Sistem Informasi/Teknologi Informasi Menggunakan Kerangka The Open Group Architecture Framework (TOGAF) Studi Kasus: Pemda Kabupaten Sumba Barat, Tesis, Magister Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga.
Sari, N.N., 2013, Perancangan Enterprise Architecture Menggunakan TOGAF ADM untuk Mendukung Strategi SI/TI di Dinas Kesehatan provinsi Kalimantan Tengah, Tesis, Magister Teknologi Informasi, STMIK AMIKOM, Yogyakarta.
Published
2020-05-23
How to Cite
Nova Noor Kamala Sari, Ema Utami, & Armadyah Amborowati. (2020). Penggunaan TOGAF ADM untuk Merancang Blueprint SI/TI di Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah. Teknomatika: Jurnal Informatika Dan Komputer, 6(1), 29-46. Retrieved from https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/410
Section
Articles