PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR IPA BIOLOGI MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY (Studi Kasus: Siswa MTs Pondok Pesantren Pabelan)

  • Danang Tejo Kumoro Magister Teknik Informatika, Program Pasca Sarjana, STMIK AMIKOM Yogyakarta
  • Abidarin Rosidi Magister Teknik Informatika, Program Pasca Sarjana, STMIK AMIKOM Yogyakarta
  • Emha Taufiq Luthfi Magister Teknik Informatika, Program Pasca Sarjana, STMIK AMIKOM Yogyakarta

Abstract

IPA Biologi adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah. Materi yang diajarkan terkait dengan seluruh makhluk hidup yang ada di bumi. Sebagai sebuah subyek yang mengajarkan materi yang ada di alam, IPA Biologi memerlukan media atau perangkat pembelajaran yang dapat menampilkan simulasi data benda tiruan yang berbentuk seperti suatu obyek yang dipelajari. Augmented Reality sebagai sebuah bagian dari multimedia adalah perangkat yang menyajikan visual ke dalam dunia nyata dapat dimanfaatkan menjadi perangkat pembelajaran yang menampilkan materi dalam subyek IPA Biologi yang dipelajari karena teknologi 3D memungkinkan membentuk beragam materi alam dalam versi maya.

References

ISO9241-11. (1998) Ergonomic requirements for office work with visual display terminals (VDTs)
Rokhmat, Yusuf. 2008. Desain Augmented Reality Volcano Sebagai Alat Peraga di Museum Geologi Bandung. Bandung. Institut Teknologi Bandung
Silitonga, Hotman. 2009. Perancangan dan Implementasi Interaksi Media Pembelajaran Hidrokarbon Berbasis Teknologi Augmented Reality. Bandung. ITB
Suyanto, M. 2005. Multimedia – Alat Untuk Meningkatkan Kemampuan Bersaing. Penerbit Andi. Yogyakarta
Syamsuri, Istamar, DKK. 2007. IPA Biologi Untuk SMP Kelas VII. Malang. Penerbit Erlangga
Published
2020-05-23
How to Cite
Danang Tejo Kumoro, Abidarin Rosidi, & Emha Taufiq Luthfi. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR IPA BIOLOGI MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY (Studi Kasus: Siswa MTs Pondok Pesantren Pabelan). Teknomatika: Jurnal Informatika Dan Komputer, 5(2), 51-60. Retrieved from https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/405
Section
Articles