APLIKASI WEBSITE PEMASARAN DENGAN TEKNIK SEO (SEARCH ENGINE OPTIMAZION) UNTUK MEMPROMOSIKAN PRODUK-PRODUK UMKM

  • Fatsyahrina Fitriastuti

Abstract

Penelitian ini merancang dan membangun suatu aplikasi yang berbasis website yang digunakan untuk memasarkan produk-produk Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) yang ada di wilayah Kota Yogyakarta. Hasil rancangan aplikasi ini tidak hanya sekedar sebuah website tetapi juga dilengkapi dengan beberapa teknik-teknik optimalisasi website atau lebih dikenal dengan Search Engine Optimization (SEO) yaitu teknik yang bisa membuat website berada pada posisi-posisi atas suatu search engine ternama. Terdapat faktor internal dan faktor eksternal yang dapat diterapkan pada teknik SEO ini. Obyek penelitian dipilih daerah pengrajin perak di Kotagede. Pemilihan ini berdasarkan bahwa syarat untuk optimalisasi website, adalah kekhasan atau ciri khas content website. Aplikasi website yang dihasilkan memungkinkan untuk setiap showroom atau pengrajin perak mempunyai satu atau lebih akun untuk memasarkan produk dan hak untuk mengelola halamannya sendiri sehingga ketergantungan terhadap administrator bisa berkurang. Aplikasi website ini dapat diterapkan pada produk-produk UMKM yang lain yang mempunyai ciri khas Yogyakarta seperti batik, makanan khas atau hasil-hasil kerajinan lainnya. Website dirancang dengan bahasa pemrograman PHP dan database server MySQL.

References

Adiningsih, S. 2008. ” Regulasi Dalam Revitalisasi Usaha Kecil Dan Menengah Di Indonesia”. Diakses pada tanggal 1 April 2011 di http://lfip.uscschooloflaw.org/english/pdf/bali-seminar/Regulasi%20dalam%20revitalisasi%20-%20sri%20adiningsih.pdf
Bulali, J.L., Handojo, A & Wiharo, S.F. 2005. “Penjualan Mobil Berbasis Web Dan Manajemen Data Pembayaran Di Showroom Mobil XYZ”. Dikases pada tanggal 12 April 20111 di http://puslit.petra.ac.id/files/published/journals/INF/INF05060106.pdf
Hurriyati, R., Adi Wibowo, L. & Wijananta, B. 2009. Model Strategi Pemasaran Usaha Kecil Berbasis WEB 2.0 Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Daya Saing Industri Kecil. Diakses tanggal 14 April 2011 di http://elib.pdii.lipi.go.id/katalog/index.php/searchkatalog/byId/59836
Indrayani & Shelly. 2007. “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasiskan Web Pada PT. Dairyfood Internusa.” Diakses tanggal 1 April 2011 di http://yudiagusta.files.wordpress.com/2009/11/85-90-snsi07-016-analisis-dan-perancangan-sistem-informasi-penjualan-berbasiskan-web-pada-pt-dairyfood-internusa.pdf
Jogiyanto, HM. 2001. “Analisis dan Desain Sistem Informasi”. Andi Offset. Yogyakarta. Kadir, A. 2001. “Dasar Pemrograman WEB Dinamis Dengan Menggunakan PHP”. Andi Offset. Yogyakarta
Ladjamudin, A.B. 2005. “Analisis dan Desain Sistem Informasi.” Graha Ilmu. Yogyakarta.
Pressman, Roger, 2002. ”Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi”. Andi Offset. Yogyakarta.
Primiana, I. 2011. “Mengembangkan Alternatif Pembiayaan Dan Pemasaran UKM”. Diakses pada tanggal 2 April 2011 di http://www.bisnisjabar.com.
Purnomo, S. 2009. “Perancangan Sistem Informasi Pemasaran Handycraft Berbasis Website.” Diakses tanggal 14 April 2011 di http://etd.eprints.ums.ac.id/3560/
Sutanta, E. 2004. “Sistem Basis Data”. Graha Ilmu. Yogyakarta
Sutarman. 2007. “Membangun Aplikasi WEB Dengan PHP dan MYSQL”. Graha Ilmu. Yogyakarta.
Published
2020-05-23
How to Cite
Fatsyahrina Fitriastuti. (2020). APLIKASI WEBSITE PEMASARAN DENGAN TEKNIK SEO (SEARCH ENGINE OPTIMAZION) UNTUK MEMPROMOSIKAN PRODUK-PRODUK UMKM. Teknomatika: Jurnal Informatika Dan Komputer, 5(2), 67-82. Retrieved from https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/402
Section
Articles