SOFTWARE DESIGN PATTERN PADA SITUS-SITUS E-COMMERCE
Abstract
Situs E-Commerce adalah situs yang paling produktif dibanding dengan situs-situs yang lain. Waktu merupakan elemen penting, semakin cepat sebuah situs online dan beroperasi semakin cepat keuntungan pemilik usaha. Untuk itu pengembangan situs e-Commerce diharapkan singkat. Namun waktu pengembangan yang singkat menghasilkan situs yang kurang optimal. Diperlukan sebuah metode yang cepat namun mampu menghasilkan rancangan e-commerce yang baik.
Diperlukan sebuah pendekatan baru yang cepat namun mampu mengidentifikasi dengan tepat apa yang dibutuhkan oleh situs-situs e-commerce untuk kemudian dibangun juga dengan cepat. Menurut Yakoub (2003) metode software design pattern mampu menjawab hal tersebut.
Design pattern yang spesifik teridentifikasi dalam web portal e- marketplace adalah (Hanafi, 2011): Product page, Carousel, Shopping cart, Product comparison, Rating an object, Page grids, Purchase process. Dengan teridentifikasinya design patten yang ada, maka proses pengembangan situs- situs e-commerce akan lebih cepat dengan memotong proses spesifikasi.
References
Dofactory, 2009, Design Patterns. http://www.dofactory.com/Patterns/Patterns. htm, diakses tanggal 15 September 2009, pukul 10.15 WIB.
Mcleod, R., 1998, Management Information System, Prentice Hall, New Jersey.
Miniwats, M., 2009, Asia Internet Usage and Population, http://www.internetworld stats.com/stats3.htm#asia, diakses tanggal 19 Agustus 2009, pukul 17.15 WIB.
Netlingo, 2012, E-Commerce Definitions, http://www.netlingo.com/dictionary/e. php, diakses tanggal 26 November 2012.
Toxboe, A., 2011, UI Patterns, http://ui-patterns.com/patterns, diakses tanggal 11 Januari 2011, pukul 9.04 WIB.
Yacoub, S.M., 2003, Pattern-Oriented Analysis and Design: Composing Patterns to Design Software Systems, Addison-Wesley.
Yahoo!, 2010, Yahoo! Design Pattern Library, http://developer.yahoo.com/ ypatterns, diakses tanggal 10 Januari 2011, pukul 21.05 WIB.