OBSERVASI ALIRAN SUNGAI UNTUK PERINGATAN DINI BANJIR LAHAR DINGIN MEMANFAATKAN JARINGAN SENSOR NIRKABEL

  • Agung Priyanto Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
  • Widyawan Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
  • Sujoko Sumaryono Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

Abstract

Banjir lahar dingin merupakan bencana yang biasanya menyertai letusan atau erupsi gunung berapi. Ini terjadi ketika material vulkanik hasil erupsi yang menumpuk di lereng dan kaki gunung berapi terbawa air hujan melewati sungai- sungai yang berhulu di gunung tersebut. Air yang bercampur dengan material vulkanik ini memiliki massa jenis yang besar sehingga gelombang suara yang dihasilkan ketika mengalir berbeda dengan aliran yang terdiri dari air saja. Parameter inilah yang akan diteliti perbedaanya melalui percobaan yang akan dilakukan. Sinyal suara aliran sungai diperoleh menggunakan serangkaian sensor suara yang disusun secara array Masing-masing sensor terhubung dengan sebuah node jaringan sensor nirkabel IQRF. Data yang diperoleh masing-masing node dikumpulkan dan dikirimkan ke pusat pengolah data berupa sebuah PC. Pengolahan data suara ini dilakukan menggunakan signal processing MATLAB untuk memperoleh informasi apakah aliran air sungai tercampur material vulkanik seperti abu dan pasir hasil erupsi. Informasi yang diperoleh dapat membantu untuk pengembangan sistem peringatan dini banjir lahar dingin.

References

Arattano, M. dan Marchi, L., 2008, Systems and Sensors for Debris-flow Monitoring and Warning, Sensors, 8, hal. 2436-2452.
Lee, H., Cho, C., King, C., Fang, Y. dan Lee, B., 2009, Design and Implementation of Non-Autonomous Mobile Wireless Sensor for Debris Flow Monitoring, Proceedings of IEEE 6th International Conference on Mobile Adhoc and Sensor Systems, hal. 1062-1064.
MICRORISC, 2012, TR-52B Transceiver Modul Datasheet, MICRORISC s.r.o: Delnicka.
Ramesh, M. V., 2009. Real-time Wireless Sensor Network for Landslide Detection, Proceedings of Third International Conference on Sensor Technologies and Applications, hal. 405-409.
Seal, V., Raha, A., Maity, S., Mitra, S. K., Mukherjee, A. dan Naskar, M. K., 2012, A Simple Flood Forecasting Scheme Using Wireless Sensor Networks, International Journal of Ad hoc: Sensor and Ubiquitous Computing, 3, hal. 45-60.
Werner-Allen, G., Lorincz, K., Welsh, M., Marcillo, O., Johnson, J., Ruiz, M. dan Lees, J., 2006, Deploying a Wireless Sensor Network on an Active Volcano, IEEE Internet Computing, April, hal. 18-25.
Published
2020-05-23
How to Cite
Agung Priyanto, Widyawan, & Sujoko Sumaryono. (2020). OBSERVASI ALIRAN SUNGAI UNTUK PERINGATAN DINI BANJIR LAHAR DINGIN MEMANFAATKAN JARINGAN SENSOR NIRKABEL. Teknomatika: Jurnal Informatika Dan Komputer, 5(1), 29-34. Retrieved from https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/395
Section
Articles