MEDIA SOSIAL SEBAGAI PENUNJANG PROSES PERKULIAHAN

  • Ahmad Hanafi Program Studi Teknik Informatika, STMIK Jenderal Achmad Yani Yogyakarta

Abstract

Perkembangan masyarakat informasi yang pesat menuntut perguruan tinggi untuk melakukan pembukaan diri kepada publik, baik itu share holder perguruan tinggi atau civitas akademika. Informasi kegiatan dan prestasi yang diraih merupakan aset berharga untuk bisa meningkatkan nilai perguruan tinggi di mata konsumen dan calon konsumen. Media sosial telah berkembang dengan pesat seiring dengan penetrasi perangkat bergerak pintar dan terjangkaunya paket komunikasi dan data di Indonesia. Penulis mencoba melakukan evaluasi terhadap strategi kampanye pemasaran perguruan tinggi yang telah dan sedang dilakukan oleh STMIK Jenderal Achmad Yani untuk kemudian merumuskan usulan-usulan yang baik dengan berdasarkan pada teori marketing media sosial kepada manajemen dan juga tim pemasar. Metode pengamatan dilakukan pada kanal media sosial yang digunakan dan strategi ROI yang dilakukan. Pengamatan menggunakan beberapa fitur internal media sosial yang telah tersedia (contohnya Facebook Insight) dan juga beberapa perangkat lunak diluar media sosial untuk mengetahui sejauh mana tingkat efektifitas dari marketing media sosial yang telah dilakukan.

References

Comscore, 2010, Top 20 Markets by Twitter Penetration June 2010, comScore Media Metrix.
Comscore, 2011, Comscore, Twitter Latin America Usage, http://www.billhartzer. com/pages/comscore-twitter-latin-america-usage/, diakses tanggal 20 Mei 2011.
Edutopia, 2007, How to use Social Networking, http://www.edutopia.org, diakses tanggal 17 Juni 2011.
Google, 2011, The 1000 most-visited sites on the web, http://www.google.com/ adplanner/static/top1000/, diakses tanggal 8 Agustus 2011.
Hitwise, E., 2010, Facebook was the top search term in 2010 for second straight year, http://www.hitwise.com/us/press-center/press-releases/facebook- was-the-top-search-term-in-2010-for-sec/, diakses tanggal 8 Agustus 2011.
Kaplan, A.M.; Michael Haenlein, 2010, Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media, Business Horizons 53 (1): 59– 68.doi:10.1016/j.bushor.2009.09.003. ISSN 0007-6813.
Safko, L., 2010, The Social Media Bible Tools and Strategies for Business Success, 2nd edition, John Wiley & Sons, Inc., Hoboken, New Jersey.
SMU, 2011, Digital Media in Indonesia, Singapore Management University, https://wiki.smu.edu.sg/digitalmediaasia/Digital_Media_in_Indonesia, diakses tanggal 8 Agustus 2011.
Socialbakers.com, 2011, Top 5 Countries on Facebook, http://www.socialbakers. com/facebook-statistics/, diakses tanggal 8 Agustus 2011.
Weinberg, T., 2009, The New Community rules: Marketing on The Social Web, O‟Reilly, California.
Womack, B., 2010, Facebook 2010 Sales Said Likely to Reach $2 Billion, More Than Estimated, Bloomberg, New York.
Zdnetasia Online, 2011, Social media most evolved in S'pore (2011, February 10), http://www.zdnetasia.com/social-media-most-evolved-in-spore-62206
580.htm, diakses tanggal 1 Maret 2011.
Published
2020-05-23
How to Cite
Ahmad Hanafi. (2020). MEDIA SOSIAL SEBAGAI PENUNJANG PROSES PERKULIAHAN. Teknomatika: Jurnal Informatika Dan Komputer, 4(2), 49-60. Retrieved from https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/391
Section
Articles