INTEGRASI SISTEM INFORMASI AKADEMIK DENGAN BASIS DATA TERDISTRIBUSI MENGGUNAKAN WEB SERVICE

  • Rahmat Hidayat

Abstract

Mekanisme distribusi basis data akademik yang tersebar di tingkat fakultas, memudahkan pihak fakultas dalam mengelola database akademik masing-masing, namun menyulitkan pihak universitas maupun pihak lain yang bermaksud mendapatkan informasi yang melibatkan data dari beberapa fakultas. Pengembangan sistem yang dilakukan terpisah dan berjalan sendiri tanpa ada koordinasi dan integrasi data menyebabkan proses pengambilan informasi antar fakultas mengalami kesulitan. Untuk mengatasi permasalahan ini diperlukan sistem yang dapat mengintegrasikan database yang terdistribusi pada setiap fakultas.

Perkembangan universitas dengan bertambahnya unit-unit lembaga baru dan penambahan aturan bisnis yang berlaku, menuntut diperlukannya sistem yang dapat menjembatani dan mengintegrasikan kepentingan bisnis tersebut. Untuk memudahkan koordinasi antar unit, diperlukan sistem yang dapat mengakomodir kebutuhan dan tidak menambah masalah baru dalam proses perpindahan sistem maupun pembangunan sistem dari awal. Sistem yang dibangun menggunakan Web Service diharapkan dapat menjadi solusi bagi permasalahan tersebut, sehingga database yang terdistribusi dapat terintegrasi, dan unit-unit lain dapat memanfaatkan fungsi yang disediakan oleh Web Service.

References

Kroenke, D.M., 2004, Database Processing 'Fundamental, Design & Implementation', 9th Edition, Prentice Hall, Inc., New Jersey.
McLeod, Jr. dan Schell, G., 2007, Management Information System, Pearson Prentice-Hall, New Jersey.
O‟Brien, J.A., 2005, Introduction To Information System, 12th Edition, The McGraw-Hill Companies, Inc.
Ramakrishnan, R. dan Gehrke, J., 2003, Database Management System, Third Edition, The McGraw-Hill Companies, Inc.
Silbcrschatz, A. dan Korth, S., 2005, Database System Concept, Fourth Edition, McGraw-Hill, Inc., USA.
Turban, E., Rainer, JR. dan Potter, E.R., 2005, Introduction To Information System, John Wiiley & Sons, Inc.
Witarto, 2004, Memahami Sistem Informasi, Informatika, Bandung.
Published
2020-05-23
How to Cite
Rahmat Hidayat. (2020). INTEGRASI SISTEM INFORMASI AKADEMIK DENGAN BASIS DATA TERDISTRIBUSI MENGGUNAKAN WEB SERVICE. Teknomatika: Jurnal Informatika Dan Komputer, 4(2), 61-70. Retrieved from https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/387
Section
Articles