APLIKASI FILTERING PADA DOMAIN SPASIAL UNTUK DETEKSI TEPI CITRA DIGITAL

  • Pulut Suryati STMIK AKAKOM Yogyakarta

Abstract

Filter adalah mengacu pada proses melakukan penyaringan frekuensi tertentu (yang sama diterima, yang tidak ditolak). Pemfilteran domain spasial adalah proses manipulasi kumpulan piksel dari sebuah citra untuk menghasilkan citra baru. Filtering suatu pixel (x,y) ditentukan berdasarkan pixel tetangganya. Tepi (Edge) merupakan nilai intensitas derajat keabuan yang mendadak dalam jarak yang singkat. Tepi juga dapat diorentasikan dengan suatu arah, yang dapat berbeda bergantung pada perubahan intensitas. Deteksi tepi (Edge Detection) pada suatu citra adalah suatu proses yang menghasilkan tepi-tepi dari obyek-obyek citra. Untuk melakukan deteksi tepi pada jurnal ini akan digunakan 3 operator filter yaitu operator sobel, prewitt dan Laplacian. Pada tahap perancangan sistem disusun diagram alir yang menunjukan algoritma dari aplikasi yang akan dibuat. Selanjutnya dilakukan pengujian terdapat gambar uji berupa citra digital. Hasil proses deteksi tepi pada citra yang dihasilkan dapat digunakan untuk menandai bagian yang menjadi detail citra, untuk meningkatkan penampakan garis batas suatu daerah atau obyek di dalam citra dan untuk memperbaiki detail dari citra yang kabur serta Mencirikan batas objek dan berguna untuk proses segmentasi dan indentifikasi objek.

References

Gonzales, R.C. dan Woods, R.E., 2008, Digital Image Processing, Third Edition, Prentice-Hall, New Jersey, USA.
Murini, A., dkk., 2003, Pengolahan Citra Digital: Peningkatan Mutu Citra Pada Domain Spasial, Universitas Indonesia, Jakarta.
Niam, B., dkk., 2011, Analisis Deteksi Tepi Pada Citra Berdasarkan Perbaikan Kualitas Citra, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Semarang.
Shih, F.Y., 2010, Image Processing and Pattern Recognition Fundamentals and Technique. Wiley-IEEE Press.
Sutoyo,T., dkk., 2009, Teori Pengolahan Citra Digital, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Published
2020-05-23
How to Cite
Pulut Suryati. (2020). APLIKASI FILTERING PADA DOMAIN SPASIAL UNTUK DETEKSI TEPI CITRA DIGITAL. Teknomatika: Jurnal Informatika Dan Komputer, 4(2), 1-14. Retrieved from https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/384
Section
Articles