MASTERPLAN PENERAPAN E-LEARNING MENGGUNAKAN TEKNOLOGI DATA GRID DENGAN PENDEKATAN IT GOVERNANCE DESIGN FRAMEWORK

  • A. Sumardin Mahasiswa Magister Teknologi Informasi, Universitas Gadjah Mada
  • Jamaluddin Mahasiswa Magister Teknologi Informasi, Universitas Gadjah Mada
  • Halim Ashar Mahasiswa Magister Teknologi Informasi, Universitas Gadjah Mada

Abstract

STKIP Hamzanwadi sebagai kampus swasta terbesar di Nusat Tenggara Barat dengan 5 fakultas dan memiliki cabang di beberapa tempat yang terpisah secara geografis saat ini memiliki mahasiswa aktif sebanyak 8621 mahasiswa. Letak geografis yang saling berjauhan dan resource dari masing-masing fakultas tersebut tidak digunakan dengan seoptimal mungkin menjadi masalah yang cukup serius untuk bisa diselesaikan. Perkembangan digitalisasi data yang cepat, tidak hanya memerlukan penambahan kapasitas media penyimpanan tetapi juga memerlukan mekanisme untuk pengelolaannya. Adanya penyebaran data digital di beberapa lokasi yang berbeda merupakan salah satu cara mengatasi pertumbuhan data digital yang cepat. Permasalahannya dengan adanya penyebaran data tersebut diperlukan mekanisme agar para pengguna dapat mengakses informasi atau data tersebut dengan mudah dan cepat. Konsep grid elearning dengan pendekatan COBIT Framework menjadi output dari penelitian ini. Dengan teknologi grid ini akan dibuat elearning untuk mengintegrasikan elearning dari masing-masing fakultas sehingga seluruh fakultas yang terletak diberbagai tempat terpisah dapat saling mengakses informasi dengan sistem login serta segala resource sumber daya komputasi yang telah ada dapat dimaksimalkan. Untuk mengukur keakuratan mulai dari perencanaan infrastruktur, trend teknologi, perencanaan akuisisi hardware dan software serta penerapan teknologi elearning maka digunakan pendekatan Cobit Framework pada domain yakni Planning and Organization.

References

Anonim, 2011, http://tekno.kompas.com/, Nusantara Super Highway Bentangkan Serat Optik 47.099 Km, diakses tanggal 15 Mei 2011.
Foster, Ian, Tuecke, Steven, dan Kesselman, Carl, 2001, The Anatomy of the Grid Enabling Scalable Virtual Organizations, International Journal of Supercomputer Applications.
Harindrari, Suryamita, 2007, Pengembangan Portlet, Fasilkom UI, Yogyakarta. IT Governance institute, 2007, CoBiT 4.1 Expert.
Nazief, Bobby, 2006, RI-GRID: Usulan Pengembangan Infrastruktur Komputasi Grid Nasional, Institut Teknologi Bandung.
STKIP Hamzanwadi, Renstra STKIP Hamzanwadi 2011 – 2015, tidak diterbitkan.
Published
2020-05-23
How to Cite
A. Sumardin, Jamaluddin, & Halim Ashar. (2020). MASTERPLAN PENERAPAN E-LEARNING MENGGUNAKAN TEKNOLOGI DATA GRID DENGAN PENDEKATAN IT GOVERNANCE DESIGN FRAMEWORK. Teknomatika: Jurnal Informatika Dan Komputer, 4(1), 69-76. Retrieved from https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/378
Section
Articles