PARSER TULISAN HIJAIYYAH TANPA HAROKAT DENGAN FINITE STATE AUTOMATA

  • Suprihatin Program Studi Sistem Informasi FMIPA, Universitas Ahmad Dahlan

Abstract

Huruf Hijaiyyah dalam penulisannya dibedakan menjadi huruf depan, tengah, belakang ataupun yang berdiri sendiri. Pengetikan kalimat Hijaiyyah dengan komputer tanpa program bantu akan sangat lambat, karena harus memilih huruf depan, tengah, belakang ataupun huruf yang berdiri sendiri. Tujuan penelitian ini adalah membuat program yang dapat mempercepat penulisan kalimat Hijaiyyah, dan dibatasi untuk kalimat yang tanpa harokat. Program dibuat dengan teknik parser mempergunakan Finite State Automata, bahasa yang digunakan yaitu Delphi. Hasilnya berupa program yang dapat menyusun huruf- huruf dengan otomatis sesuai aturan yang berlaku tanpa memikirkan apakah huruf dapat disambung ataupun tidak dapat disambung, sehingga akan mempercepat pengetikan.

References

Firar Utdirartatma, 2001, Teknik Kompilasi, J&J Learnig, Jakarta.
Hopcropft JE, and Ullman J.D, 1979, Introduction to Automata Theory, language and Computation , Addison Wesley, Massachusets.
Suprihatin, 2004, Aplikasi Finite State Automata untuk Alihaksara tulisan Jawa ke Tulisan Latin, Proseding Seminar Nasional Universitas Muhammadiyah, Semarang.
Suprihatin, 2005, Finite State Automata untuk Parsing (Pemenggalan) Suku Kata dalam Bahasa Indonesia, Proseding Seminar Nasional Universitas Negeri, Yogyakarta.
Published
2020-05-23
How to Cite
Suprihatin. (2020). PARSER TULISAN HIJAIYYAH TANPA HAROKAT DENGAN FINITE STATE AUTOMATA. Teknomatika: Jurnal Informatika Dan Komputer, 2(2), 71-80. Retrieved from https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/359
Section
Articles