DATA MINING: SOLUSI PENGEMBANGAN PENGETAHUAN BERDASARKAN BASIS DATA

  • Edhy Tri Cahyono Program Studi D3 Manajemen Informatika, STMIK Jenderal Achmad Yani Yogyakarta

Abstract

Data adalah catatan atas fakta-fakta, kejadian-kejadian atau persitiwa- peristiwa yang telah terjadi. Dalam suatu organisasi atau institusi, apapun bentuk dan jenisnya, selama organisasi itu masih hidup dan berkembang, maka data pasti akan senantiasa mengalami pertumbuhan. Pertumbuhan ini akan senantiasa terjadi sepanjang organisasi masih hidup dan belum mati. Akibatnya seiring dengan perjalanan waktu, data di suatu organisasi akan terus dan terus bertambah besar volumenya. Data dalam volume yang besar ini jika tidak dimanfaatkan dengan pengelolaan yang baik justru akan menjadi beban bagi organisasi. Bisa jadi biaya yang ditimbulkan dalam pemeliharaan data tidak sebanding dengan manfaat yang bisa diberikan. Padahal sesungguhnya data yang mengambarkan peristiwa atau kejadian dari sekian waktu yang sudah berjalan bisa digunakan untuk dasar perumusan atas sesuatu hal sehingga menjadi suatu pengetahuan bagi organisasi tersebut. Ibarat pengalaman kehidupan bagi seseorang, semakin lama semakin banyak yang dia alami, akan membuat seseorang menjadi lebih cerdas atau lebih berpengetahuan manakala dia mau belajar dari pengalaman hidupnya tersebut. Data mining adalah sutau metode pengambilan pengetahuan yang dibangun dengan menggunakan data- data historis yang sudah terkumpul sekian lama. Tulisan berikut akan membahas aspek-aspek berkaitan dengan data mining, baik menyangkut pengertian, proses, teknik-teknik serta pada bidang apa saja dapat diterapkan.

References

Santosa, Budi, 2007, Data Mining: Teknik dan Pemanfaatan Data untuk Keperluan Bisnis, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Turban, Efrain, 2005, Decision Support System and Inteligent System-7th Ed. (Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas, Jilid 1, diterjemahkan oleh Dwi Prabandani), Andi, Yogyakarta.
Kantardzic, Mehmed, 2003, Data Mining: Concepts, Models, Methods, and Algorithms, John Wiley & Sons.
Sucahyo, Y.G. 2003, Penerapan Data Mining: Permasalahan Apa Saja yang Bisa Diselesaikannya?, http://www.ilmukomputer.com, 2009.
Pramudiono, Iko, 2003, Pengantar Data Mining: Manambang Permata Pengetahuan di Gunung Data, http://www.ilmukomputer.com, 2009.
Moertini, Veronika S., 2002, Data Mining sebagai Solusi Bisnis, INTEGRAL Vol 7 No 1.
Published
2020-05-23
How to Cite
Edhy Tri Cahyono. (2020). DATA MINING: SOLUSI PENGEMBANGAN PENGETAHUAN BERDASARKAN BASIS DATA. Teknomatika: Jurnal Informatika Dan Komputer, 2(2), 23-34. Retrieved from https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/355
Section
Articles