STRATEGI E-MARKETING DALAM ERA UBIQUITOUS INTERNET

  • Arif Himawan Program Studi D3 Manajemen Informatika, STMIK Jenderal Achmad Yani Yogyakarta

Abstract

Ketika era dot-com sedang mewabah, banyak perusahaan berlomba- lomba untuk membangun platform online bagi bisnis mereka. Sebagian membangun kanal-kanal online untuk meningkatkan efesiensi, sebagian yang lain membangunnya untuk mengembangkan keunggulan kompetitif dibandingkan para pesaingnya. Pada awal keberadaan era dot-com, begitu banyak sumber daya finansial dihamburkan pada program-program e-Marketing yang menjanjikan peningkatan traffic dari website perusahaan secara drastis. Namun dalam kenyataannya, hasil yang didapat kurang memuaskan bahkan dalam beberapa kasus jauh dari harapan dan ketika hal itu disadarari, banyak perusahaan yang kemudian memangkas anggaran online mereka dengan sangat dramatis. Pertanyaanya adalah apakah perusahaan telah menaruh harapan terlalu besar pada program e-Marketing ataukah fenomena menurun drastisnya anggaran online perusahaan tersebut hanya disebabkan karena buruknya penerapan strategi e-Marketing atau bahkan kesalahannya ada pada formulasi dari strategi e-Marketing itu sendiri. Tulisan ini mencoba mengungkapkan bahwa e-Marketing masih merupakan aspek yang sangat penting bagi penciptaan dan pengembangan business channel yang layak untuk dikembangkan bagi perusahaan. Online channel telah melewati siklus alam sebuah evolusi dari berkembang cepat, jatuh dan kemudian tumbuh dengan lebih kuat. Dengan pemahaman yang utuh akan era Ubiquitous Internet serta dengan mengembangkan teknologi dan jangkauan web audience, perusahaan diharapkan mampu membidik pengguna web mereka (konsumen dan calon konsumen) dan mengembangkan interaksi yang intensif dan berkelanjutan antara pengguna web dan segala sesuatu yang perusahaan sajikan dalam website mereka. Web akan menjadi media terbesar bagi transaksi bisnis dan e- Marketing akan menjadi faktor yang sangat dominan bagi peningkatan bisnis tersebut.

References

Adam, Stewart, 2001, OnetoOne eMarketing Strategy Alignment: Five Internet Case Studies, Deakin University.
Cerf, Vint, 2002, Digital Governmet and The Internet, www.wcom.com/cerfsup. Dimas, 2009, Potret Gaya Hidup Ber-Internet, www.tempointeraktif.com.
Kenny, David, and Marshall, Jhon, F (2001) Contextual Marketing: The Real Business of The Internet on Harvard Business Review, Harvard Business School Publishing, Boston, USA.
Ley, David, (2007), Ubiquitous Computing, www.becta.org.uk/research.
Otlacan, Otilia, (2005), The E-Marketing Plan - Brief Overview and Working Plan, www.teawithedge.com.
Otlacan, Otilia, (2005), The E-Marketing Strategy : 7 Dimensions to Consider (The e-Marketing Mix), www.teawithedge.com.
Porter, M.E, (1994), Keunggulan Bersaing: Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul, Alih Bahasa Tim Binarupa Aksara, Binarupa Aksara.
Shabazz, Daaim, (tanpa tahun), Toward a better understanding of e-Marketing Strategy: Past and Present, www.informaworld.com.
Singer, Adam (2008) Ubiquitous Internet, www.thefuturebuzz.com.
Widodo, A.Q, (tanpa tahun), Keunggulan dari E-Marketing, www.id.shvoong.com.
Published
2020-05-23
How to Cite
Arif Himawan. (2020). STRATEGI E-MARKETING DALAM ERA UBIQUITOUS INTERNET. Teknomatika: Jurnal Informatika Dan Komputer, 2(2), 9-22. Retrieved from https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/354
Section
Articles