Sistem Informasi Penggajian Pegawai Berdasarkan Absensi Berbasis Desktop Dan Mikrokontroler Pada Bintang Ban Autorism

  • Fredy Lestianto Universitas Medeka Madiun
  • Dwi Nor Amadi Universitas Medeka Madiun
  • Fardiana Karuniawati Universitas Medeka Madiun

Abstract

Aplikasi Sistem Pengajian Berdasarkan Absensi merupakan suatu aplikasi yang digunakan untuk menghitung gaji pegawai dan absensi pegawai setiap harinya. Karena banyak perusahaan kecil masih menggunakan sistem absensi manual maka dibuatlah sistem informasi penggajian pegawai berdasarkan absensi menggunakan kartu RFID sebagai sarana absensi. Kartu RFID dipilih sebagai sarana absensi karena memiliki harga yang realtif murah dibanding absensi sidik jari atau fingerprint. Pengembangan sistem tersebut menggunakan metode pengembangan sistem Waterfall. Metode pengembangan sistem waterfall memiliki alur yaitu System Information Engineering, Analysis, Design, Coding, Testing, dan Maintenance.  Aplikasi ini berbasis Desktop dan menggunakan database MySQL serta Mikrokontroler untuk melakukan absensi. Chip Mikrokontroler yang digunakan yaitu Arduino Uno ATMega328 dan RFID-RC522 sebagai RFID reader. Untuk mendapatkan penghitungan gaji pegawai diperlukan, berbagai kriteria dibuat yaitu dengan menjumlahkan yang kemudian akan dipotong, akibat dari potongan sanksi. Penggajian dapat dihitung dari gaji pokok, uang makan, uang transport, komisi, lembur dan tambahan tunjangan. Sedangkan untuk potongan merupakan akibat dari terlambat masuk kerja, tidak masuk kerja tanpa keterangan, bon dan tambahan potongan. Pengujian aplikasi tersebut menggunakan metode Black Box yang mendapatkan hasil yang memenuhi harapan. Presentasi keberhasilan dari aplikasi tersebut yaitu 100%.

References

H. Prasetyo and S. Wahyudi, “Industri 4.0: telaah klasifikasi aspek dan arah perkembangan riset,” vol. 13, no. 1, pp. 17–26, 2018.

A. Aminudin, B. E. Purnama, and I. U. Wardati, “Sistem Informasi Penggajian Pegawai Pada Kantor Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan,” Speed - Sentra Penelit. Eng. dan Edukasi, vol. 7, no. 3, Nov. 2013, doi: 10.3112/SPEED.V7I3.1066.

R. Setiawan, A. Ikhwana, and A. M. Muhidin, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penggajian Di Perguruan Tinggi Swasta,” J. Algoritm., vol. 14, no. 2, pp. 373–383, Oct. 2017.

M. A. Wardana, “SISTEM APLIKASI PENGGAJIAN PEGAWAI KANTOR BADAN PENGELOLAAN PENDAPATAN DAERAH KABUPATEN SOPPENG,” Apr. 2019.

C. Tristianto, “PENGGUNAAN METODE WATERFALL UNTUK PENGEMBANGAN SISTEM MONITORING DAN,” vol. XII, no. 01, pp. 8–22, 2018.

Published
2020-05-13
How to Cite
Fredy Lestianto, Dwi Nor Amadi, & Fardiana Karuniawati. (2020). Sistem Informasi Penggajian Pegawai Berdasarkan Absensi Berbasis Desktop Dan Mikrokontroler Pada Bintang Ban Autorism. Teknomatika: Jurnal Informatika Dan Komputer, 12(2), 75-80. https://doi.org/10.30989/teknomatika.v12i2.318
Section
Articles