Prototipe Sistem Pendeteksi Tingkat Kekeruhan dan PH Air Berbasis Mikrokontroler Arduino

  • Dinda Prafitri Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta
  • Andika Bayu Saputra Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta

Abstract

Kualitas air tidak dapat dilihat dari warna air saja, bakteri-bakteri yang terdapat dalam air sangatlah berbahaya. Menurut Peraturan Menteri Kesehatan Indonesia Nomor 32 Tahun 2017, nilai standar mutu kekeruhan adalah 25 NTU dan pH air adalah 6,5 – 8,5. Untuk mengurangi bahaya air kotor yang dikonsumsi warga desa sebagai sumber air dalam kehidupan, sehingga pada penelitian ini diusulkan sebuah alat untuk membantu warga dalam mengelola air sumur untuk mendapatkan air yang bersih. Dengan memanfaatkan alat sebagai monitoring tingkat kekeruhan dan pH pada air. Dalam perancangannya menggunakan metode iterative dan Arduino. Prototipe ini akan melibatkn sensor keasaman dan sensor kekeruhan yang dirakit pada mikrokontroler Arduino. Prototipe yang dibangun mampu memberikan informasi terhadap air yang keruh dan pH yang melewati batas standar kualitas air yang telah ditentukan. Data yang telah diambil dapat ditampilkan pada web yang berfungsi sebagai sistem monitoring, sehingga warga dapat memantau air sumur dengan melihat grafik dan tabel. Dengan prototipe dan sistem yang dibuat diharapkan mampu meminimalisir kerugian yang ditimbulkan akibat air kotor.

References

Depkes, 2017. Profile Kesehatan Indonesia. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Moeloek, N.F., 2017. Standart Baku Mutu Kesehatan Lingkungan dan Persayaratan Kesehatan Air Untuk Keperluan Higiene Sanitasi, Kolam Renang, Solus Per Aqua, dan Pemandian Umum. Jakarta: Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Putri, A.O. & Harmadi, 2018. Rancang Bangun Alat Ukur Tingkat Kekeruhan Air Menggunakan Fotodioda Array Berbasis Mikrokontroller. Jurnal Fisika Unand, 7(2).

Fadhlan, M., Hendrarini, N. & Rosmiati, M., 2018. Membangun Sistem Monitoring Penjernihan Air Berbasis Sensor. E-proceeding Of Applied Science, 3(3), p.1883.

Faisal, M., Puryanti , D. & Harmadi, 2016. Perancangan Sistem Monitoring Tingkat Kekeruhan Air Realtime Menggunakan TSD-10. Jurnal Fisika FMIPA Universitas Andalas, 8(1).

Fadhlan, M., Hendrarini, N. & Rosmiati, M., 2018. Membangun Sistem Monitoring Penjernihan Air Berbasis Sensor. E-proceeding Of Applied Science, 3(3), p.1883.

Pressman, R.S., 2012. Rekayasa Perangkat Lunak. 7th ed. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Published
2020-05-13
How to Cite
Dinda Prafitri, & Andika Bayu Saputra. (2020). Prototipe Sistem Pendeteksi Tingkat Kekeruhan dan PH Air Berbasis Mikrokontroler Arduino. Teknomatika: Jurnal Informatika Dan Komputer, 12(2), 57-62. https://doi.org/10.30989/teknomatika.v12i2.315
Section
Articles